Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKn Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23312Keywords:
Motivasi belajar, minat belajar, prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, siswa sekolah dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 56 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur variabel motivasi dan minat belajar, sedangkan uji prestasi belajar PKn digunakan untuk mengukur variabel prestasi belajar. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrument. Analisis persyaratan yang dilakukan antara lain uji normalitas, linearitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji-F menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar PKn, sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan. Hal ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar PKn mereka.
References
Direktorat GTK Pendidikan Dasar (2021) ‘Pembelajaran 3: Penerapan Hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila’, Modul Belajar Mandiri Kewarganegaraan, pp. 59–120.
Elfa Sumiyati (2017) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), pp. 66–72.
Fitriani, D. and Dewi, D.A. (2021) ‘Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter’, Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), pp. 489–499. Available at: https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840.
Friani, I.F., Sulaiman and Mislinawati (2017) ‘Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), pp. 88–97. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/188143-ID-kendala-guru-dalammenerapkan-model-pembe.pdf.
Hasibuan, A.S., Nelwati, S. and Mardison, S. (2020) ‘Haubungan Kesiapan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 6(1), pp. 37–43. Available at: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1751.
Heriyati (2017) ‘Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika [The effect of interest and motivation to learn on mathematics learning achievement]’, Jurnal Formatif, 7(1), pp. 22–32.
Kelas, S., Ips, X.I. and Comal, S.M.A.N. (2022) ‘PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 COMAL PEMALANG Anisa Wijayanti 1 DAN David Firna Setiawan 2’, 02(02), pp. 308–316.
Al Musafiri, M.R. and Umroh, N.M. (2022) ‘Hubungan Optimisme Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi’, Jurnal At-Taujih, 2(2), p. 70. Available at: https://doi.org/10.30739/jbkid.v2i2.1726.
Ramadhan Almadani and , Dede Indra Setiabudi (2022) ‘Pengembangan Kognitif Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Literatur Harian’, Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), pp. 34–42. Available at: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72.
Salsabila, A. and Puspitasari (2020) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar’, Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), pp. 278–288.
Sari, N. and Rizki, N. (2021) ‘Meningkatkan Pengetahuan Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Penemuan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 035 Indrapuri’, Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(2), pp. 2617–2626. Available at: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1263.
Sulthon, S. (2017) ‘Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI’, ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). Available at: https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969.
Syamsuryadin, S. and Wahyuniati, C.F.S. (2017) ‘Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta’, Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), pp. 53–59. Available at: https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884.
Tulungagung, I. (2018) ‘BAB IV HASIL PENELITIAN A. Uji Persyaratan Analisis 1. Uji Normalitas’, (April 2018), pp. 86–97. Available at: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10003/7/BAB IV.pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.