MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EDUCAPLAY PADA PELAJARAN IPAS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNALAR KRITIS SISWA

Authors

  • Annisa Salma Fadilah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Andika Kristianto Sekolah Dasa Negeri Silado

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.24096

Keywords:

Keterampilan Bernalar Kritis, Educaplay, IPAS

Abstract

Terdapart 6 dimensi dalam profil pelajar Pancasila, salah satunya adalah bernalar kritis. Dimensi ini memiliki keterkaitan dengan capaian pembelajaran IPAS. Terdapat dugaan keterampilan bernalar kritis pada siswa akan meningkat jika dikombinasikan dengan model pembelajaran serta media yang tepat. Problem based learning memiliki sintak yang mendukung stimulasi keterampilan bernalar kritis siswa. Educaplay dapat menjadi alternatif media yang cocok untuk dikolaborasikan dengan model PBL sehingga meningkatkan keterampilan bernalar kritis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian Kemmis dan McTaggart. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan non test yaitu observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model PBL berbasis educaplay dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa. Terdapat kenaikan rata-rata persentase dari pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu mencapai 84% > 80%. Guru dapat memanfaatkan PBL berbasis educaplay untuk melakukan pembelajaran IPAS agar keterampilan bernalar kritis siswa semakin meningkat.

Kata kunci: Keterampilan Bernalar Kritis; Educaplay; IPAS

 

References

Dianita Ega, dkk. (2024). Pengembangan Game Educaplay sebagai Media Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Talang Padang. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 275-282.

Isitqomah, J, Y, N, Indriani E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670-681. https://doi/org/10.31004/cendekia.v5i1.553

Kusuma. Y. Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.

Miftah Mohamad. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 237-243.

Rahmawati Indah. (2022). Model PBLuntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Jurnar of Education Research, 3(2), 62-70. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/77/70

Susilowati Ani. (2024). Laporan Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V-A SDN Kedondong. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Published

2025-03-22 — Updated on 2025-03-22

Versions