MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EDUCAPLAY PADA PELAJARAN IPAS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNALAR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.24096Keywords:
Keterampilan Bernalar Kritis, Educaplay, IPASAbstract
Terdapart 6 dimensi dalam profil pelajar Pancasila, salah satunya adalah bernalar kritis. Dimensi ini memiliki keterkaitan dengan capaian pembelajaran IPAS. Terdapat dugaan keterampilan bernalar kritis pada siswa akan meningkat jika dikombinasikan dengan model pembelajaran serta media yang tepat. Problem based learning memiliki sintak yang mendukung stimulasi keterampilan bernalar kritis siswa. Educaplay dapat menjadi alternatif media yang cocok untuk dikolaborasikan dengan model PBL sehingga meningkatkan keterampilan bernalar kritis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian Kemmis dan McTaggart. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan non test yaitu observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model PBL berbasis educaplay dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa. Terdapat kenaikan rata-rata persentase dari pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu mencapai 84% > 80%. Guru dapat memanfaatkan PBL berbasis educaplay untuk melakukan pembelajaran IPAS agar keterampilan bernalar kritis siswa semakin meningkat.
Kata kunci: Keterampilan Bernalar Kritis; Educaplay; IPAS
References
Dianita Ega, dkk. (2024). Pengembangan Game Educaplay sebagai Media Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Talang Padang. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 275-282.
Isitqomah, J, Y, N, Indriani E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670-681. https://doi/org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Kusuma. Y. Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
Miftah Mohamad. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 237-243.
Rahmawati Indah. (2022). Model PBLuntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Jurnar of Education Research, 3(2), 62-70. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/77/70
Susilowati Ani. (2024). Laporan Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V-A SDN Kedondong. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-22 (2)
- 2025-03-22 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.