IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25459Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas III SD KUB Muhammadiyah Purworejo melalui implementasi metode Mind Mapping. Metode ini dipilih karena dapat membantu siswa mengorganisasi ide secara visual, sehingga mempermudah proses menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes menulis narasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Siswa menjadi lebih mudah dalam merancang alur cerita, memperkaya kosakata, dan menyusun kalimat. Dengan demikian, metode ini efektif untuk diterapkan sebagai strategi pembelajaran menulis narasi di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci:Metode, Mind Mapping, PTK
References
Hikmat, Hikmat. "Peningkatan Komitmen Tugas Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Peran Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah di SMA Negeri 7 Kota Tangerang." Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi 2.2 (2020): 141-149.
Lumbangaol, Tinurbaya. "Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi “Teks Panjang” Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 173346 Dolok Martumbur Kecamatan Muara Kelas IV TP 2018/2019." Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2.2 (2020): 27-34.
Ningrum, Dewi Setya, Arum Ratnaningsih, and Nur Ngazizah. "Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan." Journal on Teacher Education 4.2 (2022): 265-280.
Praudyani, Avanti Vera Risti, and Prima Suci Rohmadheny. "Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron." Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1. No. 1. 2019.
Sukirman, Sukirman. "Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah." Jurnal Konsepsi 9.2 (2020): 72-81.
Suprihatin, Dewi, and Ahmad Hariyadi. "Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Educatio FKIP Unma 7.4 (2021): 1384-1393.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-22 (3)
- 2025-03-28 (2)
- 2025-03-22 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.