This is an outdated version published on 2025-03-22. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III

Authors

  • Muhammad Zaed Arif Ilham
  • Alldafa Ibnu Jiddan
  • Arum Ratnaningsih

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas III SD KUB Muhammadiyah Purworejo melalui implementasi metode Mind Mapping. Metode ini dipilih karena dapat membantu siswa mengorganisasi ide secara visual, sehingga mempermudah proses menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes menulis narasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Siswa menjadi lebih mudah dalam merancang alur cerita, memperkaya kosakata, dan menyusun kalimat. Dengan demikian, metode ini efektif untuk diterapkan sebagai strategi pembelajaran menulis narasi di tingkat sekolah dasar.

References

Hikmat, Hikmat. "Peningkatan Komitmen Tugas Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Peran Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah di SMA Negeri 7 Kota Tangerang." Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi 2.2 (2020): 141-149.

Lumbangaol, Tinurbaya. "Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi “Teks Panjang” Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 173346 Dolok Martumbur Kecamatan Muara Kelas IV TP 2018/2019." Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2.2 (2020): 27-34.

Ningrum, Dewi Setya, Arum Ratnaningsih, and Nur Ngazizah. "Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan." Journal on Teacher Education 4.2 (2022): 265-280.

Praudyani, Avanti Vera Risti, and Prima Suci Rohmadheny. "Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron." Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1. No. 1. 2019.

Sukirman, Sukirman. "Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah." Jurnal Konsepsi 9.2 (2020): 72-81.

Suprihatin, Dewi, and Ahmad Hariyadi. "Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Educatio FKIP Unma 7.4 (2021): 1384-1393.

Downloads

Published

2025-03-22

Versions