PERAN FILOSOFI PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI LANDASAN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER KUALITAS MANUSIA

Authors

  • Bayu Aji Kurniawan Universitas Pelita Bangsa
  • Sahnaz Mega Fatimah Universitas Pelita Bangsa
  • Bulan Aulia Maharani Universitas Pelita Bangsa
  • Maha Putra Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25701

Keywords:

Pendidikan, Pancasila, Pembentukan Karakter, Integrasi Nilai-Nilai

Abstract

AbstractEducation plays an important role in shaping character and developing human potential, with an educational philosophy based on Pancasila as the main guide. Although education in Indonesia is often considered less effective in achieving these goals, a strong philosophical foundation can increase the relevance and effectiveness of the education system. The purpose of this writing is to provide an in-depth understanding of the philosophy of education and the role of Pancasila in formulating educational goals. The results of the discussion show that the application of Pancasila values in education does not only focus on academic intelligence, but also on the formation of national character and identity, so as to produce an intelligent, moral, and responsible generation.  Thus, the integration of Pancasila values in the educational curriculum is very important to create a holistic education system. The recommendations given are the need for training for educators to understand and apply the values of Pancasila in the learning process, as well as the development of educational policies that support the consistent implementation of this philosophy.

Keywords: Education, Pancasila, Character Building, Integration of Values.

 

Abstrak. Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan potensi manusia, dengan filosofi pendidikan yang berlandaskan pada Pancasila sebagai panduan utama. Meskipun pendidikan di Indonesia sering dianggap kurang efektif dalam mencapai tujuan tersebut, landasan filosofis yang kuat dapat meningkatkan relevansi dan efektivitas sistem pendidikan. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang filosofi pendidikan dan peran Pancasila dalam merumuskan tujuan pendidikan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan tidak hanya berfokus pada kecerdasan akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan identitas kebangsaan, sehingga menghasilkan generasi yang cerdas, berakhlak, dan bertanggung jawab.  Dengan demikian, integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum pendidikan sangat penting untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya pelatihan bagi pendidik untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, serta pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung implementasi filosofi ini secara konsisten.

Kata Kunci: Pendidikan, Pancasila, Pembentukan Karakter, Integrasi Nilai-Nilai.

 

Author Biographies

Bayu Aji Kurniawan, Universitas Pelita Bangsa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

Sahnaz Mega Fatimah, Universitas Pelita Bangsa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

Bulan Aulia Maharani, Universitas Pelita Bangsa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

Maha Putra, Universitas Pelita Bangsa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Al Aluf, W. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Memperkuat Karakter pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1211–1223.

Arsyad, H., & Sauri, S. (2024). Landasan Filosofi Pendidikan dan Konsep Mendidik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1585–1596.

Farah, A. N., Sapitri, E., Juliandini, F. D., Bagaskoro, G. A., Fadillah, I. A. M., Khuzaimah, K., Natalie, L., Khairudhiyya, M. A., Julianti, N. I., & Puspita, R. N. (2024). Kebijakan pemerintah dalam melemahnya implementasi nilai Pancasila pada era globalisasi. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 20–27.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Istiq’Faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1).

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188.

Nainggolan, E. T. A., Tambunan, A. M., Panggabean, J. Z. Z., Ardiansyah, W., Putra, P. P., Aspiyana, T., Rahmawati, A., Azhari, D. S., Suhirman, L., & Haluti, F. (2024). Manajemen Pendidikan: Pengelolaan SDM untuk meningkatkan standar pendidikan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809–2818.

Patty, E. N. S., Marlina, M., Iriyani, S. A., Syahrian, E., Isnain, M. F., & Rania, S. (2024). Eksplorasi Mitos Melalui Pendidikan: Perspektif Budaya Dan Pembelajaran. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2).

Pranoto, I., Ediantes, E., & Siahaan, V. D. (2023). Filsafat Pendidikan Sebagai Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Di Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 307–317.

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rasid, A. (2018). Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 1–15.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 297–311.

Sari, E. P., Rania, R., & Carolia, S. (2024). Dasar-dasar pengembangan Kurikulum. NETIZEN: JOURNAL OF SOCIETY AND BUSSINESS, 1(2), 62–70.

Sari, N. Y. (2021). Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa (pentingnya rumusan butir-butir pancasila sebagai dasar pendidikan moral dan pemersatu keberagaman bangsa indonesia). Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(1), 1–21.

Downloads

Published

2025-03-22 — Updated on 2025-03-22

Versions