This is an outdated version published on 2025-03-22. Read the most recent version.

PERAN FILOSOFI PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI LANDASAN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER KUALITAS MANUSIA

Authors

  • Bayu Aji Kurniawan Universitas Pelita Bangsa<div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -15px; top: -20px;"> </div>
  • Sahnaz Mega Fatimah Universitas Pelita Bangsa<br /><div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -56px; top: -20px;"> </div>
  • Bulan Aulia Maharani Universitas Pelita Bangsa<div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -88px; top: -20px;"> </div>
  • Maha Putra Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25701

Keywords:

Pendidikan, Pancasila, Pembentukan Karakter, Integrasi Nilai-Nilai

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi baca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi profesi. Penelitian bertujuan untuk menumbuhkan literasi baca melalui model PBL berbantu media PANSI pada peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Jenis penelitian termasuk Pre-Experimental Designs dengan desain One Group Pre-test Post-test Design dengan metode pengumpulan data observasi dan lembar tes evaluasi yang menggunakan statistik rata-rata, presentase dan t-test. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sarirejo Semarang dengan subjek peserta didik kelas 1 sejumlah 27 peserta didik yang diberikan 2 variabel yaitu variabel O1 sebagai pre-test sebelum diberikan perlakuan dan variabel O2 sebagai post-test setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase pre-test sebesar 61% dan persentase post-test sebesar 85%, sedangkan uji-t didapatkan hasil H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya perbedaan secara signifikan terhadap minat literasi baca sebelum dan sesudah diberikan perlakuan melalui model PBL berbantu media PANSI.

Author Biographies

Bayu Aji Kurniawan, Universitas Pelita Bangsa<div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -15px; top: -20px;"> </div>

Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Sahnaz Mega Fatimah, Universitas Pelita Bangsa<br /><div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -56px; top: -20px;"> </div>

Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Bulan Aulia Maharani, Universitas Pelita Bangsa<div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -88px; top: -20px;"> </div>

Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Maha Putra, Universitas Pelita Bangsa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Al Aluf, W. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Memperkuat Karakter pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1211–1223.

Arsyad, H., & Sauri, S. (2024). Landasan Filosofi Pendidikan dan Konsep Mendidik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1585–1596.

Farah, A. N., Sapitri, E., Juliandini, F. D., Bagaskoro, G. A., Fadillah, I. A. M., Khuzaimah, K., Natalie, L., Khairudhiyya, M. A., Julianti, N. I., & Puspita, R. N. (2024). Kebijakan pemerintah dalam melemahnya implementasi nilai Pancasila pada era globalisasi. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 20–27.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Istiq’Faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1).

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188.

Nainggolan, E. T. A., Tambunan, A. M., Panggabean, J. Z. Z., Ardiansyah, W., Putra, P. P., Aspiyana, T., Rahmawati, A., Azhari, D. S., Suhirman, L., & Haluti, F. (2024). Manajemen Pendidikan: Pengelolaan SDM untuk meningkatkan standar pendidikan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809–2818.

Patty, E. N. S., Marlina, M., Iriyani, S. A., Syahrian, E., Isnain, M. F., & Rania, S. (2024). Eksplorasi Mitos Melalui Pendidikan: Perspektif Budaya Dan Pembelajaran. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2).

Pranoto, I., Ediantes, E., & Siahaan, V. D. (2023). Filsafat Pendidikan Sebagai Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Di Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 307–317.

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rasid, A. (2018). Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 1–15.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 297–311.

Sari, E. P., Rania, R., & Carolia, S. (2024). Dasar-dasar pengembangan Kurikulum. NETIZEN: JOURNAL OF SOCIETY AND BUSSINESS, 1(2), 62–70.

Sari, N. Y. (2021). Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa (pentingnya rumusan butir-butir pancasila sebagai dasar pendidikan moral dan pemersatu keberagaman bangsa indonesia). Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(1), 1–21.

Downloads

Published

2025-03-22

Versions