ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELAS 3 SD DALAM ASPEK MIKROSTRUKTUR NARASI DI SURAKARTA

Authors

  • Kirana Amanda Putri Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Nadya Susanti Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Dodiet Aditya Setyawan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26044

Keywords:

Kelas 3 SD Kemampuan Menulis, Mikrostruktur Narasi

Abstract

Menulis adalah tugas kompleks dalam pemrosesan bahasa yang melibatkan bentuk, isi, dan penggunaan bahasa. Proses menulis terdiri dari macrostructure dan microstructure, dengan mikrostruktur berfokus pada elemen seperti kata, kalimat, frasa, dan klausa untuk membangun narasi yang kohesif. Penelitian ini menggambarkan kemampuan menulis anak kelas 3 SD dalam aspek mikrostruktur narasi di Surakarta menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif dan teknik quota sampling. Responden menulis narasi yang dianalisis dengan lembar penilaian mikrostruktur. Hasil menunjukkan aspek dalam kategori rendah meliputi jumlah kata (TNW), jumlah ide (IDEAS), dan kepadatan klausa (C-DENSITY), sementara kategori sedang mencakup jumlah kalimat (T-UNIT), panjang T-UNIT, jumlah klausa, tata bahasa, ejaan, tanda titik, dan kapitalisasi. Secara umum, kemampuan menulis anak kelas 3 SD berkembang dengan baik, tetapi perlu peningkatan dalam pengembangan ide, jumlah kata, dan kepadatan klausa.

Kata kunci: Kelas 3 SD Kemampuan Menulis; Mikrostruktur Narasi

Downloads

Published

2025-03-22 — Updated on 2025-03-22

Versions