ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELAS 3 SD DALAM ASPEK MIKROSTRUKTUR NARASI DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26044Keywords:
Kelas 3 SD Kemampuan Menulis, Mikrostruktur NarasiAbstract
Menulis adalah tugas kompleks dalam pemrosesan bahasa yang melibatkan bentuk, isi, dan penggunaan bahasa. Proses menulis terdiri dari macrostructure dan microstructure, dengan mikrostruktur berfokus pada elemen seperti kata, kalimat, frasa, dan klausa untuk membangun narasi yang kohesif. Penelitian ini menggambarkan kemampuan menulis anak kelas 3 SD dalam aspek mikrostruktur narasi di Surakarta menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif dan teknik quota sampling. Responden menulis narasi yang dianalisis dengan lembar penilaian mikrostruktur. Hasil menunjukkan aspek dalam kategori rendah meliputi jumlah kata (TNW), jumlah ide (IDEAS), dan kepadatan klausa (C-DENSITY), sementara kategori sedang mencakup jumlah kalimat (T-UNIT), panjang T-UNIT, jumlah klausa, tata bahasa, ejaan, tanda titik, dan kapitalisasi. Secara umum, kemampuan menulis anak kelas 3 SD berkembang dengan baik, tetapi perlu peningkatan dalam pengembangan ide, jumlah kata, dan kepadatan klausa.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-22 (2)
- 2025-03-22 (1)
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.