PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DASARPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DA

Cahya Dewi Nurani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Media Kartu Tempel pada subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rancangan Kemmis & Mc. Subjek pada PTK ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan yang berjumlah 15. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Sebelum dilakukan tindakan terdapat 3 peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar (20%) dan 12 peserta didik belum mencapai ketuntasan (80%). Setelah dilakukan tindakan siklus I peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 10 peserta didik (67%). Pada siklus II, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 13 peserta didik (87%).

Kata kunci:  Hasil Belajar, Media Kartu Tempel, Ilmu Pengetahuan Alam


References


Aly, Abdullah & Eny Rahma. (2009). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jannah, Miftahul & Hasmawati. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 12-17. Diakses pada tanggal 4 Desember 2019 pukul 20.06 WIB dari http://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2985/1625

Masturi, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Organisme Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal, 7(1), 39-44. Diakses pada tanggal 16 Desember 2019 pukul 17.46 WIB dari http://media.neliti.com/media/publications/23229-ID-pengaruh pengguna an-media-kartu-bergambar terhadap -kemampuan-mendeskripsikan dau. pdf

Rusdiana. (2018). Penilaian Autentik. Bandung: Pustaka Setia.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tampubolon, M Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/.v1i2.8483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2723-8660