PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DASARPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DA
DOI:
https://doi.org/10.30595/.v1i2.8483Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Media Kartu Tempel pada subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rancangan Kemmis & Mc. Subjek pada PTK ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan yang berjumlah 15. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Sebelum dilakukan tindakan terdapat 3 peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar (20%) dan 12 peserta didik belum mencapai ketuntasan (80%). Setelah dilakukan tindakan siklus I peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 10 peserta didik (67%). Pada siklus II, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 13 peserta didik (87%).
Kata kunci: Â Hasil Belajar, Media Kartu Tempel, Ilmu Pengetahuan Alam
References
Aly, Abdullah & Eny Rahma. (2009). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jannah, Miftahul & Hasmawati. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 12-17. Diakses pada tanggal 4 Desember 2019 pukul 20.06 WIB dari http://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2985/1625
Masturi, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Organisme Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal, 7(1), 39-44. Diakses pada tanggal 16 Desember 2019 pukul 17.46 WIB dari http://media.neliti.com/media/publications/23229-ID-pengaruh pengguna an-media-kartu-bergambar terhadap -kemampuan-mendeskripsikan dau. pdf
Rusdiana. (2018). Penilaian Autentik. Bandung: Pustaka Setia.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tampubolon, M Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.