KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK SISWA KELAS V

Laelatus Saadah, Didik Tri Setiyoko, Atikah Mumpuni

Abstract


Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang harus diterapkan pada anak sedini mungkin untuk mencegah adanya perilaku menyimpang seperti Bullying, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus bullying dan faktor pendukung pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari bullying pada program sekolah ramah anak. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara melakukan pembiasaan positif. Faktor pendukung di SD Negeri Klampok 01 terhadap keberhasilan sekolah yaitu sikap keteladanan yang diterapkan oleh seluruh tenaga pendidik terutama kepala sekolah tentang pembiasaan yang baik dalam sekolah yang harus di dukung oleh seluruh perangkat sekolah, baik bapak/ibu guru, kepala sekolah, staf maupun penjaga sekolah. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pendidikan karakter dan faktor pendukung agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara pembiasaan yang positif dan keteladanan yang harus diterapkan oleh seluruh warga sekolah. Dalam hal ini peranan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran Pendidikan karakter harus di dukung oleh semua warga, baik warga sekolah maupun warga masyarakat.

Keywords


Pendidikan Karakter, Sekolah Ramah Anak

References


Daryanto, & Darmiatun, Suryatri. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Erawati, Desei. 2013. Analisis Interaksi Simbolik. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Volume 8 Nomer 2, (45-53) Kurniawan, Farida. 2016. Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III Sd N 2 Blunyahan. http://faridakurniawan.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15485/2017/10/analisis-penerapan-budaya-sekolah-dalam-pembentukan-karakter-disiplin-siswa-di-kelas-iii-sd-n-2-blunyahan.pdf (di unduh pada 20 Oktober 2018)

Indosiar.2017. Kasus Bullying di Thamrin City Berlanjut Meski Laporan Dicabut. Jakarta: liputan6. Di akses tanggal 01 april 2018 dari http://www.liputan6.com/news/ read/3027216/kasus-bullying-di-thamrin-city-berlanjut-meski-laporan-dicabut

Kurniawan, Farida. 2016. Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III Sd N 2 Blunyahan. http://faridakurniawan.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15485/2017/10/analisis-penerapan-budaya-sekolah-dalam-pembentukan-karakter-disiplin-siswa-di-kelas-iii-sd-n-2-blunyahan.pdf (di unduh pada 20 Oktober 2018)

Lubis, Safrida. 2018. Menguatkan Karakter Melalui Pembiasaan. Banda Aceh: Cahaya Bintang Kecil.

Tjahjadarmawan, Elizabeth. 2017. Kumpulan Artikel Pendidikan, Ngopi dulu. Yogyakarta: Deepublish

Zakaria, Mia & Arumsari, Dewi. 2018. Jeli Membangun Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Lubis, Safrida. 2018. Menguatkan Karakter Melalui Pembiasaan. Banda Aceh: Cahaya Bintang Kecil.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/.v1i2.8506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2723-8660