Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai. Langkah ini dilatar belakangi oleh kurangnya instrumen penilaian dan tidak adanya pedoman khusus untuk menilai keterampilan menggambar dan mewarnai untuk siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai yang valid dan layak digunakan oleh guru dalam proses penilaian muatan pembelajaran SBdP khususnya pada seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan desain penelitian yang mengacu pada desain penelitian Brog and Gall yang dilakukan dengan 10 tahap penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian yang terdiri dari Kisi-kisi Instrumen Penilaian, Lembar Kerja Siswa, Lembar Penilaian, dan Rubrik Penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitan ini antara lain (1) Hasil validasi ahli mendapatkan kriteria “Sangat Tinggi” dengan nilai koefisien rata-rata sebesar 0,864 dengan rincian skor untuk kisi-kisi sebesar 0,920, lembar kerja siswa adalah 0,812, lembar penilaian mendapat skor 0,884 dan untuk rubrik penilaian skornya adalah 0,840. (2) Hasil ujicoba skala terbatas dari respon guru adalah 81,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa mendapatkan 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil ujicoba skala luas mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil ujicoba berskala luas dari respon siswa mendapatkan skor sebesar 100% yang masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uraian data diatas maka instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai siswa kelas III dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
References
Asriningtyas, V., dan Supahar. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif Dan Psikomotor Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Two Staytwo Stray Dalam Mata Pelajaran Fisika SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 5, (5), 284-293.
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., & Pradana, A. B. A. (2020). HIGH ORDER THINKING SKILLS: HOW IS IT INTEGRATED WITH COGNITIVE ASSESSMENT?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 109-120.
Effendi, H., Hendriyani, Y. (2016). “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg And Gall”. INTERNATIONAL SEMINAR ON EDUCATION (ISE) 2 nd.
Hardiani, I.N. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD”. E-jurnal Mitra Pendidikan. 1, (6), 615-628.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan Budaya No. 66 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Budaya No. 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud
Kurniawaty, M.D. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis pada FKIP Universitas Lampung: tidak diterbitkan
Lius, C.R., Witri, G., dan Putra, J.A. (2019). Studi Pendahuluan Pengembangan Instrumen Keterampilan Guru dalam Penilaian Portofolio Mata Pelajaran SBdP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal.55-60. ISBN: 978-623-91681-0-0, DOI: http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7778
Madliyah, S., Abdurachman, F., dan Hartono. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Dasar Mata Pelajaran Kimia Pada Kompetensi Dasar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Halaman 327-337.
Nur, S.M. (2015). “Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotorik Pada Peserta Didik”. Jurnal Biotek. 3. (1). 151-169.
Putriyani., Mutmainnah. (2018). “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan: Edumaspul. 2, (1), 1-10.
Rentnowati, T.H., dkk. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Karya Seni Lukis Terintegrasi Dengan Karakter Untuk Menilai Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan”. Prosiding Seminar Nasional:”Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia”. Halaman 180-189.
Sumanto. (2016). “Penilaian Kinerja Perilaku Berkesenian Siswa Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD: Konsentrasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi.
Yuberti. (2014). “Penelitian dan Pengembangan Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 3, (2), 1-15.
Yuniarti, B., Fatmaryanti, S.D., dan Maftukhin, A. (2014). “Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Radiasi. 5, (1), 77-81.
DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter