Implementasi Instrumen Penilaian Berbasis Macromedia Flash dalam Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok di Kelas V SDN Depok 01

Mushthofiyah Mushthofiyah

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi dari adanya kebiasaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen penilaian klasik di Sekolah Dasar Negeri Depok 01 Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penelitian fokus melaksanakan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok serta mencari hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash di SDN Depok 01.  Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan implementasi dan memberi pengetahuan hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01. Desain penelitian merupakan deskriptif kualitatf yaitu penelitian menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok menggunakan instrumen penilaian berbasis macromedia flash yang dilakukan oleh sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas V, wawancara dengan sumber data, lalu didokumentasikan dalam bentuk gambar/foto dan catatan lapangan. Keabsahan data penelitian menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji dependability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pemebelajaran volume kubus dan balok di kelas V SDN Depok 01 berjalan sangat baik. Dalam mengimplementasikan instrumen penilaian berbasis macromedia flash pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01 berakibat kurang baik dalam memenuhi syarat alat evaluasi yang baik. Beragam pendapat dari guru kelas V SDN Depok 01 sesuai dengan teori mengenai pelaksanaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok. Hasil implementasi dapat diketahui berdasarkan aspek dari guru, siswa, dan sekolah sesuai situasi sosial penelitian.


Keywords


Instrumen Penilaian Berbasis Macromedia Flash, Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok

References


Al fatah, S.M., Jupriyanto, & Cahyaningtyas, A.P. (2019). “Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar”. Jurnal Pesona Dasar. 7, (2), 18-25.

Andrijati, N. (2014). “Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal”. Jurnal Penelitian Pendidikan. 31, (2), 123-132.

Asmara, A.S. dan Suparman, T. (2018). “Trend Evaluasi dalam Pendidikan Matematika”. Jurnal Sekolah Dasar: Elementary School Journal. 1, (3), 84-89.

Aziz, K., Kustiono, dan Lestari, W. (2019). “Need Analysis for Development of a Cube and Beam Volume Assessment Instrument in Macromedia flash Based Elementary Mathematics Learning”. Journal of Education Research and Evaluation. 8, (2), 99-107.

Dwilestari, S., Robandi, B., dan Fitriani, A.D. (2017). “Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2, (4), 30-41.

Fajarianto, O. dan Wirawa, R. (2013). “Aplikasi Alat Bantu Mengajar Matematika Menggunakan Adobe Flash CS6”. Jurnal Sisfotek Global. 3, (2), 13-22.

Hartanto, A. (2013). “Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok Dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Negeri Teguhan Sragen”. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. 2, (1), 85-89.

Ismiyanti, Y. (2018). “Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Terhadap Nilai UAS IPS di SDN 02 Temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 5, (1), 34-43.

Kasih, P.A. dan Purnomo, Y.P. (2016). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Penilaian”. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 1, (1), 69-78.

Mashudi. (2016). “Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2, (1), 50-63.

Nurjanah, I., Kusumadewi, R.K., & Ulia, N. (2019). “Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Collaborative Learning dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Media Macroflash 8”. Journal of Mathematics and Mathematics Education. 1, (1), 41-47.

Pratidiana, D dan Rifa’i, R. (2019). “Penerapan Multimedia Macromedia flash Terhadap Perkembangan Persepsi Visual Siswa Pada Pembelajaran Matematika”. Journal Of Matematics Learning. 2, (1), 11-17.

Rahayu, S., & Hidayati, W.N. (2018). “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 4, (2), 204-215.

Sagita, L. & Kusumarini, A.R. (2017). “Visualization on triangle concept using Adobe Flash Professional SC6”. Journal of Physics: Conf. Series 943. 1-7

Setiadi, H. (2016). “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20, (2), 166-178.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprani, & Hendracipta, N. (2019). “Development Of Character Eduction In Elementary School Through Macromedia flash Fokflore”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 5, (2), 180-192.

Zainil, M. et al. (2018). “Mathematics learning through Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) approach and Adobe Flash CS6”. Journal of Physics: Conf. Series 1088. 1-5.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660