Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru dalam penggunaan aplikasi google pada pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di Korwilcam Dindik Somagede Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods sedangkan model penelitiannya Sequential Expplonatory. Realitas empirik memperlihatkan bahwa kondisi saat ini sangat meprihatinkan menurunnya kualitas pembelajaran di sekolah saat ini dengan pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Beberapa penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan alat/media yang dimiliki sekolah, kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan alat/media seperti laptop; akses internet yang kurang mendukung untuk kelancaran pembelajaran daring; tidak semua siswa memiliki smartphone. Berdasarkan analisis kebutuhan 86,7% dari 214 guru setuju untuk dilaksanakan bimbingan dan pelatihan penggunaan google (google form, google classroom, google drive, dan google meet). Penggunaan aplikasi google dalam PJJ guru berperan sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator. Kemampuan guru dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google meningkat, jumlah peserta yang mengikuti bimlat sebanyak 120 orang, semua peserta mendapatkan sertifikat kelulusan. Melihat hasil lulusan tersebut dapat dinyatakan berhasil untuk program diklat penggunaan aplikasi google.
Keywords
References
Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di MIM Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51-63. Diakses pada hari Rabu, 28 Oktober 2020, pukul.13.50 WIB.
Bahri, D. S. 2010. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta. Rineka Cipta
Nasution. S. (2002). Berbagasi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sastradipoera, K. (2006). “Pengembangan dan Pelatihan, Suatu Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia”. Bandung: Kappa-Sigma
Simamora, H. (1995). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Yogyakarta : BPFE.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sudjana HD (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production
DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.9229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter