PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS III DI KECAMATAN RUMBAI PEKANBARU

Ratna Sari, Mhmd Habibi

Abstract


Menulis merupakan aktivitas untuk menuangkan ide, gagasan, serta pendapat melalui tulisan. Bagi siswa SD, mereka sudah dapat berfikir logis atas pengetahuannya sendiri, namun mengalami kesulitan dalam menuliskan ide karena belum bisa berfikir abstrak sehingga diperlukan gambar nyata untuk membangun dan menghubungkan informasi. Salah satu metode yang  membantu kemampuan menulis dan keaktifan siswa adalah metode field trip, yaitu siswa meninjau, mengamati, dan mempelajari suatu objek dengan cara berkunjung ke suatu tempat. Tujuan riset ini adalah melihat seberapa besar pengaruh Metode Field Trip terhadap hasil belajar siswa kelas III di Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Quasy Experiment Control Group digunakan sebagai jenis riset. Teknik pengambilan sampel terdapat dua tahap yaitu multi stage sampling dan purposive sampling. Hasil riset ini menunjukkan: (1) adanya pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata 90,05 dimana lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata 68.55  dengan hasil t_hitung = 4,046 dan t tabel = 2,048, dan (2) adanya pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa dari t_hitung=3,621 dan t_tabel 2,086 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05.

Keywords


Field Trip Keterampilan menulis Karangan Deskripsi

References


Ansori. (2015). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Colombano, E., & Semi, G. (2007). Multiculturalismo quotidiano. Le pratiche della differenza (Vol. 37). FrancoAngeli.

Dimyati&Mudjiono. (2015). Dimyati dan Mudjiono,. Belajar Dan Pembelajaran, 20, 10–35.

Dr. Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=IeVNDwAAQBAJ

Gie, T. L. (1992). Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

K, R. N., & Suharto, Y. (1985). Strategi belajar mengajar. PT. Bina Aksara, Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=UjtinQAACAAJ

Keraf, G. (1992). Argumen dan narasi. Jakarta: Gramedia.

Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V, Srikonita, R., Isnaini, L., Kholisoh, S., Sunardiyah, M. A., & Hikmah, N. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=znl5EAAAQBAJ

Metode Penelitian Pendidikan. (2016). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=uTbMDwAAQBAJ

Nimawati, N., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Kajian Riset Monodisipliner dan Interdisipliner dalam pendidikan islam Menghadapi Isu Nasional dan Global: Studi Kasus Terhadap Isu Covid-19. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 5(1), 101. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n1.101-122

Nurgiyantoro, B., & Yogyakarta, F. K. K. (2009). Pengembangan Model Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 224–237.

Rinja Efendi, S. P. I. M. P., & Delita Gustriani, S. P. M. P. (2022). Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=L_J2EAAAQBAJ

Rusmini. (2011). Proses Pembelajaran Ips Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama.

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239–246. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1224

Sidabutar, Y. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Kelas V SD N 091537 Hutabayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 280–284. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/2108

Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, D., Suhartati, T., Haruna, N. H., Harianja, J. K., Sitopu, J. W., Yurfiah, Y., & Purba, S. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=Gf1ZEAAAQBAJ

Tara, S., Andayani, & Suyitno. (2018). Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 | 1. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 2(Bipa 7), 1–8.

Tarigan, J., & Tarigan, H. G. (1987). Teknik pengajaran keterampilan berbahasa. Angkasa. https://books.google.co.id/books?id=1W46twAACAAJ


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16102

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379