PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI MAJASEM

Ani Yunia Ekawati, Desti Pujiati

Abstract


The thesis discusses the role of the teacher in stimulating the development of Indonesian expressive language in children at Pertiwi Majasem Kindergaten,Kemangkon Distric, Purbalingga Regency. This Studi aims to determine the role of early childhood teacher stimulating the language development of group B children in TK Pertiwi Majasem. The subject of this study were 22 children of Pertiwi Majasem Kindergaten consisting of 14 boys and 8 girls

Keywords


Teacher, Stimulating expressive language

References


Aulia Setianingsih, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun” Skripsi

(Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta 2020) hal. 2-3.

Desyan Retno Ari, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun

Melalui Metode OutBound di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora” Skripsi.Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (2017), ha1 69.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.

Leni Dahlia, M Thamrin, and Muhamad Ali, „Kemampuan Berbicara Menggunakan Bahasa

Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun Tk Keranjik‟, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2.9 (2013) hal. 1–18.

Nurbiana Dhieni dan Lara Fridani, Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (Modul 1PAUD)

(Semarang: IKIP Veteran, 2007), hal. 16.

Rosmiyati, “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui

Metode Bercerita Di PAUD Khadijah Sukrame Bnadar Lampung” Skripsi (Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Raden Intan 2017), hal. 15.

Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantatif dan dan kualitatif. Jogjakarta: Graha Ilmu

Sudaryono. Metodologi Penelitian, (Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2017), hal. 216.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16273

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379