PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

adelia Afriyanti, J. Julia

Abstract


Pengaruh teknologi sudah mulai berkembang mengikuti perkembangan zaman, dimana siswa dapat dipermudah untuk melakukan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan media video siswa lebih antusias untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertjuan untuk mengetahui minat baca siswa sekolah dasar dengan bantuan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep baca siswa sekolah dasar. Tahap – tahap belajar membaca yang dilakukan menurut Jeanne Chall yaitu (1) – Tahap 0: Pre Reading (Pra Membaca), (2)Tahap 1: Decoding Stage (Tahap Decoding), (3) Tahap 2: Confirmation & Fluency (Menghubungkan dan Kefasihan), (4) Tahap 3: Reading for Learning The New (Membaca untuk Belajar), (5) Tahap 4. Multiple View (Sudut Pandang Jamak), (6) Tahap 5. Reading for Building and Testing Personal Theory.

Keywords


minat baca, Media Pembelajaran

References


Anam, K. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata

pelajaran pai di smp bani muqiman bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan

Islam, 4(2), 1-17.

Maulid, T. A., Sastabila, N., Puspita, E. D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Animasi

Kids (ANIKIDS) Ngalaksa dalam Perspektif Islam sebagai Media Pembelajaran

Digital Siswa Sekolah Dasar. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu

Keagamaan, 9(1), 19-25.

Indra, S. (2016). Efektivitas team assisted individualization untuk mengurangi prokrastinasi

akademik. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 175-189.

Agustina, N. (2017). MENGUKUR KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI

AKADEMIK PADA SMP USWATUN HASANAH JAKARTA. Paradigma, 19(1),

61-68.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16280

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379