PENGARUH PEMANFAAT MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SDN 28 SAPUKA LIUKANG TANGAYA PANGKEP

Makmur Hj, Muh Yunus, Andi Mulyadi Rajad

Abstract


Di era saat ini, media video pembelajaran merupakan salah suatu komponen yang harus diperdayakan oleh guru agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengatahui pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Expriment. Populasi penelitian adalah adalah seluruh siswa SDN 28 Sapuka Liukang Tangaya Pangkep. Sampel penelitian mengunakan teknik Purposive Sampling, sehingga yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas IV dengan jumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statiistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 28 Sapuka Liukang Tangaya Pangkep.

Keywords


Media Video Pembelajaran Pemecahan Maslah Motivasi Hasil Belajar IPS

References


Bunda, A. P., & Junaidi, J. (2021). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020 / 2021 di SMAN 10 Padang. Jurnal SIKOLA, 2(4), 297–306.

Dhida, T. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animas Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 47–58.

Fawaiq, A. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri PACE 03 Jamber. Journal of Education, 4(1), 11–18.

Femyliati, R. (2022). Pemanfaatan Media Kreatif Untuk Edukasi Gisi Pada Remaja. Jurnal: Kesehatan Masyarakat (Hearty), 10(1), 16–22.

Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1907–1914.

Junarta, E. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal: Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1458–1464.

Kurniawan, D. C. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tantang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal: JINOTEP, 4(2), 2405–8780.

Mbagho, H. M., Tupen, S. N., Studi, P., Matematika, P., Flores, U., & Ratulangi, J. S. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132.

Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.

Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.

Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2237–2244.

Rista, K. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya, 01(02), 139–140.

Wahyuningtyas, R. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16865

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379