PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DENGAN PANDUAN BELAJAR SAMBIL BERMAIN MENGGUNAKAN MICROSITE UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Nur Mustaqimah, Lilan Dama, Nurul Fajryani Usman, Muh. Nur Akbar, nurrijal nurrijal

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup dan kesulitan menghafal nama-nama ilmiah. Peneliti berusaha merancang suatu media yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan permasalahan dalam pembelajaran Biologi dan mengembangkan media pembelajaran berupa flashcard materi klasifikasi makhluk hidup yang panduan penggunaan, materi, serta kuisnya dapat diakses melalui microsite. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang memberikan penjelasan lebih analisis dan bersifat subjektif. Desain yang digunakan yaitu R&D model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono, dengan melaksanakan 6 tahap dari 10 tahapan yaitu analisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi oleh ahli, revisi desain, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara. Penentuan kelayakan dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Penelitian dan pengembangan menghasilkan media flashcard yang berbentuk kartu bolak-balik yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari (1) validator ahli bahasa memperoleh penilaian 90% (2) validator ahli materi memperoleh penilaian 100%, (3) validator ahli media memperoleh penilaian 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk flashcard pada materi klasifikasi makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) secara keseluruhan kualitasnya sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X.


Keywords


Flashcard; Klasifikasi; Microsite; Validasi

References


Ambarwati, N. (2016). Pembentukan Microsite sebagai Strategi Pengembangan Craving For Makeup. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 4(1). https://www.neliti.com/publications/254752/pembentukan-microsite-sebagai-strategi-pengembangan-craving-for-makeup#cite

Arifiyanto, A., Utari, P., & Rahmanto, A. N. (2019). Platform Microsite : Konvergensi Media Publikasi Kementerian Keuangan RI Di Era Literasi Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 46. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.46-56

Hadana, H. S., Utomo, A. P. Y., Sa’adah, N., & Ardyasti, T. (2023). Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Jupendis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1). https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.113

Hartati, A. T. (2018). Kelayakan Flash Card Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X.

Hayati, D. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 82. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4910

Mardianti, L. N., Nengsih, R., & Handayani, P. (2021). Pengembangan Media Flashcard pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMK N Merangin Kelas X. Biocolony: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Biosains, 4(1), 21–25.

Murti, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Melalui Penggunaan Media Flashcard Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Al-Ahya, 1, 135–143. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i1.6252

Rifa’i, M. R., K, R. A., & Hasanah, R. (2020). IPA Plantnet pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 29–37.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Putekkom Dikbud dan PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yunida, N., Syamswisna, & Yeni, L. F. (2014). Inventarisasi Jamur Di Gunung Senujuh Kabupaten Sambas Dan Implementasinya Dalam Pembuatan Flash Card. Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(Oktober), 1–18.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.17159

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379