ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PASCA COVID

Maiska Adelin, Budiman Tampubolon, Putri Tipa Anasi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa serta mendeskripsikan motivasi yang paling dominan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 33 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar intrinsik siswa termasuk dalam kategori motivasi rendah pada siswa yang memilih pilihan jawaban tidak setuju dan sangat tidak setuju, 27,16% memilih tidak setuju dan 6,38% memilih sangat tidak setuju.Motivasi belajar ekstrinsik termasuk dalam kategori motivasi rendah pada siswa yang memilih pilihan jawaban tidak setuju dan sangat tidak setuju, 8,18% memilih tidak setuju dan 1,51% memilih sangat tidak setuju.

Keywords


Motivasi Intrinsik Motivasi Ekstrinsik Pembelajaran Geografi

References


Agusdwitanti, H., Tambunan, SM, & Retnaningsih. (2016). Kelekatan Dan Intimasi Pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi , 8 (1), 18–24.

Hartini, TS, & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika , 640–646.

Kurniasari, rani. (2018). Memberikan Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen , 2 (1), 32–39. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2551

Sadirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. depok : PT. Rajagrafindo persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19 . 69–73.

Uno, HB (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.19333

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379