PEMETAAN GAME EDUKASI TERHADAP PEMIKIRAN INVENTIF SISWA

Adisti Yuliastrin, Sohiron Sohiron, Fatehatul Bariyah, Viona Dwi Utari, Rian Vebrianto

Abstract


Pemikiran inventif merupakan satu aktivitas yang membantu mengaplikasikan kemahiran berpikir secara kreatif dan kritis. Pemikiran Inventif adalah salah satu kemampuan berpikir yang diperlukan untuk mempersiapkan diri menjumpai abad Ke-21, hal ini merupakan usaha yang diwujudkan dalam bentuk yang berbeda pada ranah kognitif dan sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemikiran inventif pada SMP di Kota Pekanbaru. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Dimana penelitian ini memilih untuk menggunakan pendekatan kuantitatif.  Teknik yang digunakan penelitian ini berupa teknik Random Sampling. Hasil yang didapatkan dari pernelitian survey bahwa bahwa tingkat berpikir inventif siswa terhadap materi Sistem Perendaran darah mencapai rata-rata skor 81,2 yang dikategorikan tingkat sedang.

Keywords


Survery, Pemikiran Inventif, Siswa SMP

References


Abdullah, Maria, & Osman, Kamisah. (2018). Scientific Inventive Thinking Skills among Primary Students in. 7(C), 294–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.041

Aditya, Rizki Firman. (2022). Analisis Kategori Indikator literasi sains pada Materi Sel dalam Buku Pegangan Siswa. BioEdu, 11(1), 148–154.

Ardiansyah, Risnita, M. Syahra. Jailani. (2023). Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 1, 1–9.

Atiyah, Atih, & Nuraeni, Reni. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self- confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Math Education, 01(01), 103–112.

Berlian, Mery, Mujtahid, Iqbal Miftakhul, Vebrianto, Rian, & Thahir, Musa. (2022). Machine Translated by Google Cakrawala Pendidikan Pemetaan kecerdasan majemuk pada tutor di Universitas Terbuka Machine Translated by Google. (1), 199–210.

Clarkson, Kenneth L. (2023). Applications of Random Sampling in Computational Geometry, II. Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.1145/73393.73394

Coker, Christopher, Greene, Ethan, Tang, Shiping, et al. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematik SMP/MTs. Transcommunication, 53(1), 1–8. Retrieved from http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0A

Dhea Juliana, Indhira Asih Vivi Yandari. (2022). Analysis of Cognitive Abilities of 5th Grade Elementary School Students in doing school Assignments using Google Form Application. JPSD, 8(1), 77–89.

Diana Agustiani, Vitta Yaumul Hikmawati, Yeni Suryaningsih. (2023). Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Terhadap Membaca Kritis Siswa Pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik Di SMPN 6 Majalengka. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 01(01), 17–25.

Furadantin, Natalia Ririn. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018. Academia (Accelerating the World’s Research), 1–8.

Gandi, Radha T., Ridzwan, Mohd, Rus, Che, & Mohamed, Suriani. (2021). Pendekatan Penyelidikan Reka Bentuk dan Pembangunan ( DDR ) Dalam Pembangunan Model Pemikiran Inventif Pelajar. 3(1), 143–155.

Handayani, Nurlaili. (2023). Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 8, 101–111.

Johari, Emertah. (2018). Penyerapan Pemikiran Inventif dalam pengajaran guru bahasa melayu sekolah rendah dan sekolah menengah berdasarkan jantina, pengalaman mengajar dan kategori sekolah. Pendidikan Bahasa Melayu, 8(2), 39–47.

Kirana, Indria, & Rahmawati, Richa Dwi. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Inventif Siswa pada Pembelajaran Daring di SMP Negeri 5 Kecamatan Ukui. 3(1), 9–14.

Maidiana, Maidiana. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Mochammad Noor Akhmadi. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 Sdn Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1464

Muhammad Kristiawan, Nur Rahmat. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Qomariah, Winda Fajar, Rian Vebrianto, & Mery Berlian. (2022). Pengembangan Instrumen Berpikir Inventif Siswa. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 60–64. https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.88

Rahmah Muthia, 2018. (2018). Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Holothuria atra) di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa. 7, 1–26.

Rahzianta, & Muhammad, Luthfi Hidayat. (2018). Pembelajaran Sains Model Service Learning Sebagai Upaya Pembentukan Habits of Mind Dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1128–1137.

Ramadhan, Haris Febriyanto, Sitorus, Sampe Hotlan, & Rahmayuda, Syahru. (2019). Game Edukasi Pengenalan Budaya dan Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metode Fitnite State Machine Berbasis Android. Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 07(1), 108–119.

Riyanta, Stanislaus. (2023). Analisis Korelasi antara Konten Radikal di Media Sosial dan Aksi Teror Lone Wolf di Indonesia. Keamanan Nasional, IX(1), 75–114.

Rizki, Maydini Eka. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPEN-ENDED QUESTION. Pendidikan Fisika, 2(1), 288–294.

Setyawan, W. C., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa. 2(1), 30–36.

Sukmasari, Vidya Putri, & Rosana, Dadan. (2019). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468

Susilawati, Endang, Samsudin, Achmad, & Siahaan, Parsaoran. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1).

Susilawati, Siska, & Pujiastuti, Heni. (2020). Analisis kemampuan berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Self-Concept Matematis Siswa. Cendikia, 04(02), 512–525.

Syarif Hidyatullah, Henry Praerdhiono, Agus Wedi. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Warnilah, Ai Ilah. (2018). Implementasi Alpha Cronbach Pada Pengembangan Pembelajaran Pengenalan Sampah Metode MDLC. Jurnal Produktif, 2(1), 116–121.

Yuliastrin, Adisti, Kharisma, Ananda, & Thahir, Musa. (2022). Analisis Pengetahuan tentang Laboratoriunm Virtual berbasis Inkuiri pada Mahasiswa Tadris IPA UIN Suska Riau. 3(1), 33–37.

Yuliastrin, Adisti, Vebrianto, Rian, Efendi, Silvina, Terbuka, Universitas, Islam, Universitas, Sultan, Negeri, & Kasim, Syarif. (2023). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Keterampilan Kreatif pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 285–292.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21440

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379