PEMETAAN GAME EDUKASI TERHADAP PEMIKIRAN INVENTIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21440Keywords:
Survery, Pemikiran Inventif, Siswa SMPAbstract
Pemikiran inventif merupakan satu aktivitas yang membantu mengaplikasikan kemahiran berpikir secara kreatif dan kritis. Pemikiran Inventif adalah salah satu kemampuan berpikir yang diperlukan untuk mempersiapkan diri menjumpai abad Ke-21, hal ini merupakan usaha yang diwujudkan dalam bentuk yang berbeda pada ranah kognitif dan sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemikiran inventif pada SMP di Kota Pekanbaru. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Dimana penelitian ini memilih untuk menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan penelitian ini berupa teknik Random Sampling. Hasil yang didapatkan dari pernelitian survey bahwa bahwa tingkat berpikir inventif siswa terhadap materi Sistem Perendaran darah mencapai rata-rata skor 81,2 yang dikategorikan tingkat sedang.References
Abdullah, Maria, & Osman, Kamisah. (2018). Scientific Inventive Thinking Skills among Primary Students in. 7(C), 294–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.041
Aditya, Rizki Firman. (2022). Analisis Kategori Indikator literasi sains pada Materi Sel dalam Buku Pegangan Siswa. BioEdu, 11(1), 148–154.
Ardiansyah, Risnita, M. Syahra. Jailani. (2023). Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 1, 1–9.
Atiyah, Atih, & Nuraeni, Reni. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self- confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Math Education, 01(01), 103–112.
Berlian, Mery, Mujtahid, Iqbal Miftakhul, Vebrianto, Rian, & Thahir, Musa. (2022). Machine Translated by Google Cakrawala Pendidikan Pemetaan kecerdasan majemuk pada tutor di Universitas Terbuka Machine Translated by Google. (1), 199–210.
Clarkson, Kenneth L. (2023). Applications of Random Sampling in Computational Geometry, II. Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.1145/73393.73394
Coker, Christopher, Greene, Ethan, Tang, Shiping, et al. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematik SMP/MTs. Transcommunication, 53(1), 1–8. Retrieved from http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0A
Dhea Juliana, Indhira Asih Vivi Yandari. (2022). Analysis of Cognitive Abilities of 5th Grade Elementary School Students in doing school Assignments using Google Form Application. JPSD, 8(1), 77–89.
Diana Agustiani, Vitta Yaumul Hikmawati, Yeni Suryaningsih. (2023). Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Terhadap Membaca Kritis Siswa Pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik Di SMPN 6 Majalengka. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 01(01), 17–25.
Furadantin, Natalia Ririn. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018. Academia (Accelerating the World’s Research), 1–8.
Gandi, Radha T., Ridzwan, Mohd, Rus, Che, & Mohamed, Suriani. (2021). Pendekatan Penyelidikan Reka Bentuk dan Pembangunan ( DDR ) Dalam Pembangunan Model Pemikiran Inventif Pelajar. 3(1), 143–155.
Handayani, Nurlaili. (2023). Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 8, 101–111.
Johari, Emertah. (2018). Penyerapan Pemikiran Inventif dalam pengajaran guru bahasa melayu sekolah rendah dan sekolah menengah berdasarkan jantina, pengalaman mengajar dan kategori sekolah. Pendidikan Bahasa Melayu, 8(2), 39–47.
Kirana, Indria, & Rahmawati, Richa Dwi. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Inventif Siswa pada Pembelajaran Daring di SMP Negeri 5 Kecamatan Ukui. 3(1), 9–14.
Maidiana, Maidiana. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Mochammad Noor Akhmadi. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 Sdn Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1464
Muhammad Kristiawan, Nur Rahmat. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.
Qomariah, Winda Fajar, Rian Vebrianto, & Mery Berlian. (2022). Pengembangan Instrumen Berpikir Inventif Siswa. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 60–64. https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.88
Rahmah Muthia, 2018. (2018). Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Holothuria atra) di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa. 7, 1–26.
Rahzianta, & Muhammad, Luthfi Hidayat. (2018). Pembelajaran Sains Model Service Learning Sebagai Upaya Pembentukan Habits of Mind Dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1128–1137.
Ramadhan, Haris Febriyanto, Sitorus, Sampe Hotlan, & Rahmayuda, Syahru. (2019). Game Edukasi Pengenalan Budaya dan Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metode Fitnite State Machine Berbasis Android. Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 07(1), 108–119.
Riyanta, Stanislaus. (2023). Analisis Korelasi antara Konten Radikal di Media Sosial dan Aksi Teror Lone Wolf di Indonesia. Keamanan Nasional, IX(1), 75–114.
Rizki, Maydini Eka. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPEN-ENDED QUESTION. Pendidikan Fisika, 2(1), 288–294.
Setyawan, W. C., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa. 2(1), 30–36.
Sukmasari, Vidya Putri, & Rosana, Dadan. (2019). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468
Susilawati, Endang, Samsudin, Achmad, & Siahaan, Parsaoran. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1).
Susilawati, Siska, & Pujiastuti, Heni. (2020). Analisis kemampuan berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Self-Concept Matematis Siswa. Cendikia, 04(02), 512–525.
Syarif Hidyatullah, Henry Praerdhiono, Agus Wedi. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199
Warnilah, Ai Ilah. (2018). Implementasi Alpha Cronbach Pada Pengembangan Pembelajaran Pengenalan Sampah Metode MDLC. Jurnal Produktif, 2(1), 116–121.
Yuliastrin, Adisti, Kharisma, Ananda, & Thahir, Musa. (2022). Analisis Pengetahuan tentang Laboratoriunm Virtual berbasis Inkuiri pada Mahasiswa Tadris IPA UIN Suska Riau. 3(1), 33–37.
Yuliastrin, Adisti, Vebrianto, Rian, Efendi, Silvina, Terbuka, Universitas, Islam, Universitas, Sultan, Negeri, & Kasim, Syarif. (2023). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Keterampilan Kreatif pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 285–292.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.