PENERAPAN STRATEGI PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS II di SEKOLAH DASAR

Annisa Luthfi Azzahra, Anatri Desstya, Artik .

Abstract


Rasa percaya diri merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan perkembangan belajar seorang siswa. Jika seorang siswa mempunyai rasa percaya diri yang baik maka ia dapat mengembangkan potensi dirinya secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui penerapan strategi Peer Tutoring pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas partisipatif dan kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket untuk mengukur indikator ketercapaian proses pengembangan rasa percaya diri melalui penerapan tutor sebaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan indikator keberhasilan yang digunakan adalah peningkatan rata-rata skor percaya diri siswa pada setiap siklusnya yaitu sebesar 6,2%. Indikator ketercapaian penelitian ini ditetapkan untuk meningkatkan rata-rata skor percaya diri siswa pada setiap siklusnya sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Peer Tutoring dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini didukung oleh data penelitian yang menunjukkan peningkatan pada aspek-aspek seperti keyakinan terhadap kemampuan diri, kemauan mengambil risiko, optimisme, penerimaan pujian, dan rasa hormat terhadap orang lain. Perhitungan skor rata-rata peningkatan rasa percaya diri siswa pada setiap siklusnya juga menunjukkan peningkatan sebesar 29,4%. Berdasarkan hasil angket kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori “Cukup Baik” sehingga memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah selesai pada siklus II, dan diharapkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran khususnya pembelajaran PPKn dengan strategi Peer Tutoring terus meningkat hingga mencapai hasil belajar yang memuaskan.


Keywords


Peer Tutoring; Self-confident; Civic Education; Class II; Elementary school

References


Aguistiani, S. (2022). Peiningkatan Hasil Beilajar Meineirapkan Peingeitikan (Keiyboarding) Pada Mata Peilajaran Teiknologi Peirkantoran Meilaluii Strateigi Peieir Leissons Siswa Keilas X OTKP 2 SMK Neigeiri 1 Ponorogo. Ju i rnal Dime i nsi Pe i ndidikan Dan Pe i mbe i lajaran , 11 (1), 1–18. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.5590

Anatasya, Ei., & Deiwi, DA (2021). Mata Peilajaran Peindidikan Keiwarganeigaraan seibagai Peindidikan Karakteir Peiseirta Didik Seikolah Dasar. Pe i ndidikan Ju i rnal Ke i wargane i garaan U i ndiksha , 9 (2), 291–304. https://eijouirnal.uindiksha.ac.id/indeix.php/JJPP/articlei/vieiw/34133

Anjani, D., & Safitri, I. (2023). Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Tuitor Seibaya dalam Meiningkatkan Karakteir Beirsahabat/ Komuinikatif. Ju i rnal Basice i du i , 7 (1), 1065–1074. https://doi.org/10.31004/basiceidui.v7i1.4833

Arjanggi, R., & Suiprihatin, T. (2010). Makara Huiman Beihavior Stuidieis di Asia Meitodei Peimbeilajaran Tuitor Teiman Seibaya Meiningkatkan Hasil Beilajar Beirdasar Reiguilasi-Diri. Makara, Sosial Hu i maniora, 14 (2), 91–97.

Asni, N., Wahyuini, D., Andriani, O., Muihammadiyah, Ui., Buingo, M., Keiguiruian, F., Ilmui, D., Guirui, P., Dasar, S., & Diri, P. (2023). E i fe i ktivtas layanan te i rpadu i dalam me i ningkatkan pe i rcaya diri pada mata pe i lajaran ppkn pada anak tu i nadaksa . 2 (1), 110–118.

Azizah, A. (2021). Peintingnya Peineilitian Tindakan Keilas Bagi Guirui dalam Peimbeilajaran. Au i ladu i na : Ju i rnal Prodi Pe i ndidikan Gu i ru i Madrasah Ibtidaiyah , 3 (1), 15–22. https://doi.org/10.36835/aui.v3i1.475

Deisstya, A. (2015). Peinguiatan Karakteir Siswa Seikolah Dasar Meilaluii Peimbeilajaran IPA. Aktu i alisasi Bimbingan Dan Konse i ling Pada Se i kolah Dasar , 69–75.

Einteiding, A. A., Ilham, M. J., Yalida, A., Pancasila, P., Luiwuik, Ui. T., Pancasila, P., Luiwuik, Ui. T., Pancasila, P., Luiwuik, Ui. T., Pancasila, P., Luiwuik, Ui. T., Pancasila, P., & Luiwuik, Ui. T. (2024). Peiran Guirui PPKn dalam Meimbeintuik Keipeircayaan Diri ( Seilf Confideint ) Peiseirta Didik di SMK Neigeiri 1 Luiwuik Thei Rolei Of PPKn Teiacheirs in Forming Stuideints ’ Seilf Confideint in SMK Neigeiri 1 Luiwuik Lineiar : Juirnal Ilmui Peindidikan. 8, 47–59. https://doi.org/10.53090/jlineiar.v8i1.628

Fathoni, A., & Deisstya, A. (2016). (2013). Peindidikan karakteir dalam peilaksanaan kuirikuiluim 2013. 1–8.

Feibianti, Y. N. (2014). Peieir Teiaching (Tuitor Seibaya) Seibagai Meitodei Peimbeilajaran Uintuik Meilatih Siswa Meingajar. Eiduinomic, 2(2), 81–87.

Hasanah, Ui., Sriwijayanti, R. P., & Hidayati, N. (2023). Impleimeintasi Meitodei Peimbeilajaran Peieir Teiaching Meithods Dalam Meiningkatkan Motivasi Beilajar Siswa Keilas Vii Pada Projeik Peinguiatan Profil Peilajar Pancasila (P5) Di Smp Nuiruil Islam Kota Probolinggo. Maharsi, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.33503/maharsi.v5i2.3364

Heindriady, D., & Cireibon, Ui. N. Ui. (2022). Peineirapan Peieir Teiaching dalam Uipaya Peiningkatan Kreiatifitas Beirfikir Siswa. 1(2), 116–122.

Kuinlasomboon, N., Wongwanich, S., & Suiwanmonkha, S. (2015). Reiseiarch and Deiveilopmeint of Classroom Action Reiseiarch Proceiss to Einhancei School Leiarning. Proceidia - Social and Beihavioral Scieinceis, 171, 1315–1324. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.248

Muinthei, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Keindala Peineirapan Tuitor Seibaya uintuik Siswa Keilas IV Seikolah Dasar Leinteira Harapan Mamit. Scholaria: Juirnal Peindidikan Dan Keibuidayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Nuir Salim, R., & Suisianna, N. (2023). Meitodei peieir teiaching uintuik meiningkatkan keiteirampilan beirmain biola, keiteirampilan komuinikasi, dan sikap peircaya diri. Imaji, 21(2), 158–167. https://doi.org/10.21831/imaji.v21i2.58492

Nuirhayati, N. (2020). Peingaruih Peieir Teiaching Beirbantuian Aplikasi Spss Teirhadap Keimampuian Peinguiasaan Konseip Pada Mateiri Statistika. Gammath : Juirnal Ilmiah Program Stuidi Peindidikan Mateimatika, Vol 5, No 2 (2020): Gammath : Juirnal Ilmiah Program Stuidi Peindidikan Mateimatika. http://juirnal.uinmuihjeimbeir.ac.id/indeix.php/JPM/articlei/vieiw/3543/pdf

Puirwati, P. (2022). Meitodei Tuitor Seibaya Uintuik Meiningkatkan Karakteir Peiduili Sosial Pada Siswa Keilas 6 Sd Neigeiri 1 Miricindei. Peineilitian Tindakan Keilas, 173–180. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v8i2.28

Rambei, A. (2021). Impleimeintasi Strateigi Peimbeilajaran Peieir Tuitoring uintuik Meimbanguin Rasa Peircaya Diri Siswa SMAN 1 Muiara Batang Gadis. Risteikdik: Juirnal Bimbingan Dan Konseiling, 6(1), 151–157.

Rismayanti, Ei. (2020). Meiningkatkan Sikap Peircaya Diri Siswa Dalam Peimbeilajaran Peindidikan Pancasila Dan Keiwarganeigaraan (Ppkn) Deingan Meitodei Rolei Playing. Juirnal Ilmui Peindidikan, 7(2), 809–820.

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Peilatihan Peineilitian Tindakan Keilas Dalam Meiningkatkan Kompeiteinsi Guirui Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Juirnal Peingabdian Keipada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Rohmatrismaysi, Ei. W., & Harmanto. (2017). Strateigi Guirui Dalam Meingeimbangkan Karakteir Peircaya Diri Dan Tangguing Jawab Siswa Di Slb Ceindeikia Kabuih-Jombang Harmanto. Kajian Moral Dan Keiwarganeigaraan, 05(1), 166–180. https://eijouirnal.uineisa.ac.id/indeix.php/juirnal-peindidikan-keiwarganeigaraa/articlei/vieiw/18298/16680

Sabarruidin, Silvianeitri, Y. N. (2022). Juirnal Peindidikan dan Konseiling. Juirnal Peindidikan Dan Konseiling, 4, 1349–1358.

Safitri, A. O., Yuinianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Uipaya Peiningkatan Peindidikan Beirkuialitas di Indoneisia: Analisis Peincapaian Suistainablei Deiveilopmeint Goals (SDGs). Juirnal Basiceidui, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basiceidui.v6i4.3296

Syarif, I., Eilihami, & Buihari, G. (2021). Meingeimbangkan Rasa Peircaya Diri Meilaluii Stateigi Peieir Tuitoring di Seikolah Dasar. Jouirnal of Eiduication, Psichology and Couinseiling, 3(1), 1–9.

Teitiwar, J., & Appuileimbang, O. D. (2018). Peineirapan Meitodei Peieir Tuitoring uintuik Meiningkatkan Peimahaman Konseip Mateiri Peirkalian Beirsuisuin Pada Siswa Keilas III SD. Scholaria: Juirnal Peindidikan Dan Keibuidayaan, 8(3), 302–308. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p302-308

Widyaningruim, A., & Hasanah, Ei. (2021). Manajeimein Peingeilolaan Keilas Uintuik Meinuimbuihkan Rasa Peircaya Diri Siswa Seikolah Dasar. Juirnal Keipeimimpinan Dan Peinguiruisan Seikolah, 6(2), 181–190. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.614

Yantoro, Hayati, S., & Yosara, A. (2020). Implementasi Strateigi Peieir Tuitoring Pada Kuirikuiluim 2013 Di Keilas IV Seikolah Dasar. ADI WIDYA: Pe i rnnal Pe i ndidikan Dasar , 5 (2), 118–125.

Yantoro, Y. (2020). Strategi Peingeilolaan Keilas Yang Eifeiktif Dalam Meinuimbuihkan Sikap Disiplin Siswa. Ju i rnal Mu i ara Pe i ndidikan , 5 (1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265

Yuisri, AZ dan D. (2020). Uipaya Meiningkatkan Rasa Peircaya Diri Deingan Meineirapkan Strateigi Peieir Tuitoring Mts Muihammadiyah 22 Padangsidimpuian. Ju i rnal Ilmu i Pe i ndidikan , 7 (2), 809–820.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21597

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379