Strategi guru, budaya literasi, anak usia dini
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22558Abstract
Budaya literasi anak usia dini yang kuat memberikan pondasi yang kokoh bagi kemampuan membaca, menulis, dan berbicara anak-anak di masa depan. Dengan mendukung lingkungan yang kaya akan literasi dan memberikan pengalaman positif dalam membaca dan menulis sejak usia dini, anak-anak akan lebih siap untuk sukses dalam pendidikan dan kehidupan mereka. Guru dapat membantu membangun fondasi yang kuat untuk budaya literasi pada anak usia dini dengan menerapkan berbagai strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru-guru mengembangkan strategi dalam membangun budaya literasi pada anak-anak usia dini di TK Diponegoro 51 Batuanten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam membangun budaya literasi pada anak usia dini. Strategi tersebut antara lain mencakup penggunaan metode pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan literasi, pemanfaatan berbagai jenis bahan bacaan yang sesuai dengan perkembangan anak, pengintegrasian literasi dalam berbagai aktivitas pembelajaran, serta kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan literasi yang mendukung di rumah. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam membentuk budaya literasi sejak dini dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan literasi anak-anak. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya dukungan yang terus-menerus dari berbagai pihak, termasuk sekolah, orang tua, dan masyarakat, untuk memperkuat budaya literasi di lingkungan pendidikan anak usia dini.
References
Abdillah, F. (2022). Memahami Pengertian Literasi. Ruang Guru. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. 2021. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuningtyas, Fadilla, and Ellita Permata Wijayanti. “Peningkatan Budaya Literasi Anak Di Taman Kanak-Kanak Nurul Fikri Bekasi Utara.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 4, no. 1 (2019): 291–99. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.2750.
Faizah, Dewi Utama. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibeng, P. (2023). Pengertian Literasi. Pendidikan .com. https://pendidikan.co.id/literasi/
Imroatun, Imroatun. 2017. Media Belajar Bigbook Bagi Pengembangan Baca Nyaring Anak Usia Dini. Hal. 119–27 in Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Baca, Tulis, Dan Hitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Serang.
Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nazraini, Lily, and Nirwana Anas. Pengembangan Media Jurnal Literasi Harian Siswa Dalam Pengelolaan Sudut Baca Untuk Membangun Budaya Literasi 6 (2022): 95–103.
Ni Nyoman Padmadewi, Luh Putu Artini, Putu Kerti Nitiasih, and I Wayan Suandana. Pemberdayaan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 07, no. 1 (2018): 64–76.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.