Peningkatan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Dusun Sanggrahan I, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul

Ani Yunita, Heri Purwanto

Abstract


Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh minimnya akses pasar dan informasi pemasaran di Dusun Sanggrahan I, Desa Muntuk, Dlingo, DIY. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan enterpreneurship, memperluas akses pasar dan akses informasi pemasaran baik secara pemasaran manual maupun online produk kerajinan bambu bagi Kelompok PKK di Dusun Sanggarahan I tersebut. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam program kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah memberikan penyuluhan dan pelatihan dengan metode ceramah dan tanya jawab serta pendampingan pemasaran oleh Tim Pelaksana Program Pengabdian dengan metode pendampingan praktek. Pelaksanaan pengabdian ini memiliki sasaran yaitu Kelompok Ibu PKK Dusun Sanggrahan 1. Hasil dan pembahasan dalam pengabdian ini ialah kelompok PKK Dusun Sanggrahan 1 yang semulapengetahuan anggota kelompok PKK hanya mendapatkan pengetahuan berwirausaha 50 persen menjadi meningkat 75 persen dapat mengetahui dan memahami mengenai pentingnya berwirausaha dan cara pembuatan kerajinan bambu. Semula ketrampilan dan kreatifitas anggota kelompok PKK masih sangat terbatas berkisar 60 persen dalam membuat produk berupa tampah, tambir, irik, kalo dan ceting menjadi 90 persen lebih trampil, kreatif dan inovatif dalam membuat variasi produk kerajinan bambu berupa tempat pensil, tempat tisu, tempat permen dan tempat boneka.Ketrampilam anggota PKK dalam memasarkan hasil kerajinan bambu sebelumnya hanya 40 persen atau masih sangat tergantung dengan tengkulak maka setelah adanya pengabdian ini ketrampilan kelompok PKK melakukan pemasaran kerajinan bambu baik secara manual dengan menawarkan ke toko/swalayan maupun online melalui akun whatsapp, instagram dan facebook menjadi meningkat 70 persen lebih trampil.


Keywords


peningkatan; pemasaran; kerajinan bambu; kelompok PKK

References


Anonim. (2018, November).Desa Muntuk, Diunduh dari Desamuntuk.blogspot.com pada tanggal 20 November 2018 pukul 19.00wib.

Anonim. (2018, November). Desa Wisata Muntuk,Di unduh dari dihttps://desawisatamuntuk.wordpress.com pada tanggal 21 November 2018 pukul 13.00 wib.

Bukit, F.R.A., Gaby, G., Irvan., Fahmi., (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk Kuliner. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (1), 231.

Dewi, I.N.D.K., Aprilia, I., Supraptiningsih, L.K., (2018). Peningkatan Jumlah Produksi Kerajinan Anyaman Tas Dengan Alat Pemotong Dan Pengukur Tali Pengepak. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (1), 41.

Aini, A.I., Suprapto, R., & Khaudli, M.I., Izatul, A. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemasaran Kuliner Jajanan Tradisional Di Desa Cantuk Kabupaten Banyuwangi. Enggagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 168-175

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi sebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Rahmawati, N.L., Zahro, I.F., Asnawi, Mufidah, A.N.E., (2019). Pemanfaatan Pelepah Pisang Menjadi Produk Inovatif Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga Di Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Enggagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 ( 1), 12-31.

Nurdjanah, S., Setyani, S., Satyajaya, W., Hasanudin, U., (2019). Pendampingan Usaha Keripik Tortilla Jagung Pada Kelompok Wanita Tani, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (1), 85-87.

Santoso, D., Indarto, Santoso, A., (2017). Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro (UKM) Menuju Kemandirian Melalui Pembinaan Kewirausahaan, Permodalan, dan Pemasaran di Kecamatan Tugu. E-Dimas : Jurnal Education-Pengabdian Kepada Masyarakat. 8 (2). 166-173

Sunarsih, L., & Umar, HMS., (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu Di Desa Gintangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, IX (2),57-68

Zamzainudin. (2019). Hasil wawancara dengan Bapak Kepala Dusun Sanggrahan I pada tanggal 9 Januari 2019 pukul 14.00 wib.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.4603

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347