Meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Keuangan

Agus Supandi Soegoto, Diana N. Lintong, Syermi S.E. Mintalangi, Deasy Soeikromo

Abstract


Komponen utama dari masyarakat adalah keluarga yaitu  tempat yang nyaman bagi para anggota untuk hidup, beraktifitas dan mencapai kesejahteraan. Peran seorang ibu dalam keluarga sangat penting, terutama untuk mengelola keuangan.  Masalah  utama yang sering terjadi dalam tata kelola keuangan keluarga, yaitu tidak ada perencanaan kas, penghasilan selalu habis untuk dibelanjakan,  minimnya  pengetahuan  dan keterampilan  manajemen keuangan keluarga. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan dan pengelolaan  kas, dan 2) meningkatkan peran ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan. Pelaksanaan pengabdian dilakukan di kelurahan Lewet kecamatan Amurang, kabupaten Minahasa Selatan. Metode yang digunakan berupa Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat, dengan cara : 1) penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran para peserta, 2)  demonstrasi untuk menyusun laporan keuangan sederhan, 3) pelatihan  untuk membuat perencanaan kas dan mengelola keuangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan para peserta dalam manajemen keuangan keluarga,  peningkatan  kerampilan dalam perencanaan dan pengelolaan  kas, dan peningkatan  peran ibu rumah tangga dalam mengendalikan biaya-biaya harian rumah tangga.


Keywords


peran; perencanaan kas; pengelolaan kas

References


Andriani, S. Novianti, dan Fatati. (2014). Usaha IbIKK Kambing Perah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jambi. 29 (4), 1-10

Astuti , E.Z.L., & Winarni, T., (2018). Mendorong Partisipasi Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam Mewujudkan Tujuh Dimensi Lansia Tangguh di Desa Sumbersari, Moyudan, Sleman. Jurnal Pengabdian kepada Maysarkat, 3(2), 130-142.

Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Minahasa Selatan, (2019). Jumlah dan Sebaran Penduduk Kabupaten Minahasa Selatan. Amurang, Minahasa Selatan. Diakses tanggal 12 September 2019.

Herdiana, B., & Kurniawan, B., (2017). Program Iptek bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus IT Training & Service Center (ITSC) UNIKOM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1) 18-25.

Irawan, B., (2016). Pelatihan dan Instalasi Jaringan LAN untuk Guru-Guru di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Semplak Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 2 (2), 1-5

Mardikanto, T., & Subianto, P. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Octaviani, V., Narti, S. & Nurwita, S., (2019). Peningkatan Sumberdaya Masyarakat Desa Melalui Binan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(1), 9-17.

Pattymahu, Andrew. (2018). Camat Amurang Resmi Dijabat Rommy Rumagit. Tribun Manado. Diakses tanggal 12 September 2019.

Rosita, Kusasih, I.A.K.R., & Istiyanto, B., (2017). Perbaikan Pengelolaan UMKM Guna Pengembangan Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 30-37.

Soetomo, (2012). Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, S. (2004). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.5545

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347