HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL DENGAN DEPRESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK)

Ristina Mirwanti, Aan Nuraeni

Abstract


Latar Belakang: PJK menyebabkan akibat yang besar terhadap penderita pada seluruh aspek kehidupan penderita. Depresi dapat muncul pada pasien PJK. Depresi dapat memberikan efek yang lebih berat terhadap penurunan kualitas hidup pada pasien PJK. Kesejahteraan spiritual merupakan salah satu hal yang perlu dimiliki pasien PJK.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kesejahteraan spiritual dengan depresi pada pasien dengan penyakit jantung koroner .
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional dilakukan secara potong lintang. Populasi pada penelitian ini adalah pasien dengan penyakit jantung kororner yang dirawat jalan di Poli Jantung RS X di Bandung dan sudah menjalani rawat jalan minimal 1 bulan. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dan didapat ukuran sampel 100 responden.
Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kesejahteraan spiritual dengan depresi (r=-0,571,p<0,01). Semakin tinggi kesejahteraan spiritual pasien dengan penyakit jantung coroner maka semakin rendah tingkat depresi pasien tersebut.

Kata Kunci: Depresi, kesejahteraan spiritual, penyakit jantung koroner

Full Text: PDF

DOI: 10.30595/medisains.v14i1.1044

ISSN: 2621-2366