HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN RIWAYAT KELUARGA DENGAN PERILAKU MEROKOK PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DI MTs NEGERI TAMBAK

Sjamsul Huda

Abstract


Latar belakang: Merokok merupakan masalah yang masih sulit diselesaikan hingga saat ini. Menurut survei di beberapa sekolah, setiap siswa di sekolahnya mulai mengenal bahkan mencoba merokok dengan persentase 40% sebagai perokok aktif yang terdiri atas 35% putra dan 5% putri. Meningkatkan jumlah perokok pada usia remaja salah satu dipengaruhi perilaku merokok orangtua.
Tujuan: Tujuan Penelitian ini mengetahui hubungan pengetahuan dan riwayat keluarga dengan perilaku merokok peserta didik laki-laki MTs Negeri Tambak.
Metode: Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan case control. Kasus peserta didik yang merokok dan kontrol peserta didik yang tidak merokok. Populasi seluruh siswa laki-laki kelas 8 dan 9 MTs Negeri Tambak sebanyak 197 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan besar sampel sebanyak 60. Analisis data menggunakan uji Chi Square(X2).
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan gambaran pengetahuan peserta didik tentang rokok sebagian besar baik (63,3 %), sebagian besar dengan riwayat keluarga sebagai perokok (71,7 %), perilaku merokok peserta didik sebagian besar > 1 tahun (23 %).
Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan (p value : 0,001) dan riwayat keluarga ( p value : 0,022) dengan perilaku merokok peserta didik. Saran bagi orang tua dan guru agar tidak memiliki perilaku merokok. Bagi sekolah meningkatkan pengetahuan dengan cara pemasangan poster tentang bahaya rokok dan area bebas rokok di seluruh ruangan sekolah.

Keywords


perilaku merokok, keluarga, pengetahuan

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/medisains.v13i3.1604

ISSN: 2621-2366