EVALUASI PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL DI PUSKESMAS SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN

Isrofah Isrofah, Endah Sumaningrum P

Abstract


Latar Belakang : Salah satu masalah pembangunan global adalah kesehatan ibu. AKI di Indonesia adalah AKI keempat (220/100.000 kelahiran hidup). Selain itu, jumlah kematian ibu di Indonesia adalah yang tertinggi diantara negara-negara Asia Timur dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Pemerintah Indonesia telah mengupayakan usaha percepatan penurunan AKI melalui peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku ibu dan keluarga. Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan ibu-ibu dan keluarga mengenai perawatan kehamilan, persalinan, nifas, penyakit dan komplikasi saat hamil, bersalin dan nifas, perawatan bayi baru lahir, dan senam hamil dengan menggunakan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Salah satu daerah yang sudah mengembangkan kelas ibu hamil di Jawa Tengah adalah Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Di bawah pengelolaan Puskesmas Siwalan , sebanyak 13 desa di Kecamatan Siwalan telah menerapkan program kelas ibu hamil yang diketuai oleh bidan masing-masing desa. Namun, capaian kerja program ini belum terevaluasi secara terstruktur, termasuk belum diteliti secara ilmiah.
Tujuan:untuk mengevaluasi proses pelaksanaan Kelas Ibu Hamil (KIH) oleh bidan di Puskesmas Siwalan Kabupaten Pekalongan.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bidan atau fasilitator kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Siwalan Kabupaten Pekalongan sebanyak 10 orang yang tersebar ke dalam 13 desa. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah adalah total sampling. Analisis data dengan uji Chi Square.
Hasil: Proses pelaksanaan KIH 50 % dalam kategori baik, sarana 100 % tidak lengkap. Analisis bivariat didapatkan hasil uji chi square umur (p= 0,615), masa kerja (p=0,435), tingkat pendidikan (p tidak ada nilai), fasilitas (p tidak ada nilai) dengan pelaksanaan KIH.
Kesimpulan: Variabel umur, tingkat pendidikan, masa kerja dan fasilitas sarana dan prasarana tidak berhubungan dengan pelaksanaan KIH

Kata Kunci : Angka Kematian Ibu (AKI), Kelas Ibu Hamil, Bidan

Keywords


Angka Kematian Ibu (AKI), Kelas Ibu Hamil, Bidan

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/medisains.v13i1.1824

ISSN: 2621-2366