HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TEKNIK MENYUSUI DENGAN KEJADIAN BENDUNGAN ASI

Atiul Impartina

Abstract


Latar Belakang: Salah satu masalah pada masa nifas adalah payudara bengkak atau bendungan ASI. Bendungan ASI rata-rata terjadi pada hari ke 2 sampai 3 post partum, sebagian besar keluhan pasien adalah payudara bengkak, keras dan terasa panas.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui dengan kejadian bendungan ASI.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 30 orang dan sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Variabel independen teknik menyusui, variabel dependen kejadian bendungan ASI. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan Chi-square.
Hasil: 76,7% ibu nifas kurang mengetahui tentang teknik menyusui dan sebanyak 73,3% responden pernah mengalami kejadian bendungan ASI (table 2). Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang sigifikan antara pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui dengan kejadian bendungan ASI, p<0,05.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui dengan kejadian bendungan ASI.

Keywords


Bendungan ASI, Pengetahuan, Teknik menyusui

Full Text: ##PDF##

ISSN: 2621-2366