Pengaruh Penambahan Gurney Flap pada Airfoil NACA 0015

Ilham Wibowo, Bagus Radiant Utomo, Desi Gustiani, Muhammad Iwan

Abstract


Airfoil merupakan suatu geometri yang sangat populer digunakan pada sayap pesawat terbang, sehingga menjadikan penelitian mengenai airfoil sangat populer di kalangan peneliti dibidang aerodinamika untuk meningkatkan nilai koefisien angkat. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kofisien angkat adalah dengan penambahan gurney flap. Penelitian ini menggunakan airfoil NACA simetris 0015 dibuat dengan 3D printing dengan bahan PLA dan dengan panjang chord 60 mm dan panjang span 120 mm. Penambahan gurney flap dengan variasi ketinggian 2, 4, 6, dan 8% panjang chord yang diuji menggunakan open circuit wind tunnnel dengan kecepatan angin 10 m/s. Variasi sudut serang airfoil  yang diuji adalah  0, 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18 dan 200dengan parameter pengukuran yaitu koefisien angkat dan koefisien hambat. Hasil nilai koefisien angkat yang tertinggi didapatkan pada airfoil dengan penambahan gurney flap dengan ketinggian 8% panjang chord pada sudut serang 140 yang didapatkan nilai sebesar 0,046, kemudian nilai koefisien hambat yang terendah didapatkan pada airfoil dengan penambahan gurney flap dengan ketinggian 4% pada sudut serang  00  yang didapatkan nilai sebesar 0,014.


References


[1] L. Brown and A. Filippone, “Aerofoil at low speeds with Gurney flaps,” Aeronaut. J., vol. 107, pp. 539–546, 2014, doi: 10.1017/S0001924000013427.

[2] T. Liu and J. Montefort, “Thin-Airfoil Theoretical Interpretation for Gurney Flap Lift Enhancement,” J. Aircr., vol. 44, no. June 2014, pp. 667–671, 2007, doi: 10.2514/1.27680.

[3] Y. Li, J. Wang, and P. Zhang, “Effects of Gurney Flaps on a NACA0012 Airfoil,” Flow, Turbul. Combust., vol. 68, pp. 27–39, 2002, [Online]. Available: https://doi.org/10.1023/A:1015679408150.

[4] G. Flap, R. A. Rachmanto, C. H. Brillianto, and S. Dwi, “Aerodynamic Characteristics of Ahmed Body with Inverted Airfoil Eppler 423 and Gurney Flap on Fastback Car,” Automot. Exp., vol. 5, no. 3, pp. 355–370, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31603/ae.7067.

[5] X. He et al., “Numerical Simulation of Gurney Flap on SFYT15thick Airfoil,” Theor. Appl. Mech. Lett., vol. 6, pp. 286–292, 2016, doi: 10.1016/j.taml.2016.09.002.

[6] C. S. Jang, J. C. Ross, and R. M. Cummings, “Numerical Investigation of an Airfoil with a Gurney Flap Numerical investigation of an airfoil with a Gurney flap,” Aircr. Des., vol. 1, pp. 75–88, 1998, doi: 10.1016/S1369-8869(98)00010-X.

[7] N. I. Alfajri, D. Danardono, and B. Kristiawan, “Pengaruh Penambahan Gurney Flap pada Airfoil Jenis Mshd pada Mobil Fastback dengan Variasi Ketinggian Gurney Flap dan Kemiringan Sudut Airfoil Dengan Metode Permodelan CFD,” Mek. Maj. Ilm. Mek., vol. 19, no. February, pp. 35–40, 2020, [Online]. Available: https://dx.doi.org/10.20961/mekanika.v19i1.40005.

[8] M. F. Hidayat, “Analisa Aerodinamika Airfoil NACA 0021 Dengan Ansys Fluent,” J. Kaji. Tek. Mesin, vol. 1, 2016, [Online]. Available: https://doi.org/10.52447/jktm.v1i1.332.

[9] M. Sitanggang, “Penelitian Aerodinamika Sayap Pesawat Terbang,” SIPTEKGAN, vol. 16, pp. 395–404, 2012, [Online]. Available: http://repositorconsistencyo.id/id/eprint/812.

[10] L. Chng et al., “On the combined use of Vortex Generators and Gurney Flaps for turbine airfoils,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2265, no. 3, pp. 1–11, 2022, doi: 10.1088/1742-6596/2265/3/032040.

[11] Y. C. Li and J. J. Wang, “Effects of Gurney flaps on the lift enhancement of a cropped nonslender delta wing,” Exp. Fluids, vol. 32, pp. 99–105, 2002, doi: 10.1007/s003480100347.

[12] Y. Chakroun and G. Bangga, “Aerodynamic characteristics of airfoil and vertical axis wind turbine employed with gurney flaps,” Sustain., vol. 13, no. 8, pp. 1–22, 2021, doi: 10.3390/su13084284.

[13] A. M. Mitchell Graham and and L. W. Traub, “Experimental Study on the Effect of Gurney Flap Thickness on Airfoil Performance,” J. Aircr., vol. 55, pp. 1–6, 2017, doi: 10.2514/1.C034547.

[14] S. Jain, N. Sitaram, and S. Krishnaswamy, “Computational Investigations on the Effects of Gurney Flap on Airfoil Aerodynamics,” Int. Sch. Res. Not., vol. 2015, pp. 1–11, 2015.

[15] J. C. Kewas and M. Ali, “Analisis Gaya Angkat Akibat Perubahan Kecepatan Aliran Udara Dan Sudut Serang Serang Pada Airfoil Naca 0015 Dalam Wind Tunnel Sub Sonic,” J. Sains dan Teknol. Univ. Negeri Manad., vol. 3, no. April, pp. 71–79, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/efrontiers/article/view/2139/1330.

[16] R. D. E. dan I. K. A. P. Utama, “Analisa Perubahan Gaya Angkat dan Hambatan Total Terhadap Variasi Aspect Ratio dan Winglet pada Sayap Kapal Wing in Surface Effect Menggunakan Aplikasi CFD,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 2, pp. 204–209, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i2.35471.

[17] N. A. Hidayati, F. Setiaji, M. Yaqin, D. M. Ulfa, and M. A. Choiron, “Analisis aerodinamis pada variasi bentuk ekor desain bodi mobil hemat energi,” J. Energi dan Manufaktur, vol. 10, no. 2, pp. 66–70, 2017, [Online]. Available: http://ojs.unud.ac.id/index.php/jem.

[18] L. W. Melantika Dahrun, Marnix L.D langoy, “KARAKTERISTIK GAYA AERODINAMIKA PADA BURUNG MERPATI (COLUMBA LIVIA),” PHARMACON, vol. 8, no. 3, pp. 679–685, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/29392.

[19] dan M. E. Dhedhek Wahyu Aji Perdana, “Studi Numerik dan Eksperimen Aerodinamika Airfoil NACA 24112,” Creat. Res. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30595/cerie.v1i1.9194.g3707.

[20] M. Suresh and N. Sitaram, “Effect of Gurney Flap Height and Mounting Position on the Performance of a Centrifugal Fan,” J. Appl. Fluid Mech., vol. 15, no. 1, pp. 255–269, 2022.

[21] T. Min and J. Kim, “Effects of hydrophobic surface on skin-friction drag,” Phys. Fluids, vol. 16, no. July 2004, pp. 55–58, 2016, doi: 10.1063/1.1755723.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/cerie.v3i2.16291

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30595/cerie.v3i2.16291.g6059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8006