Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model Pembelajaran VAK

Authors

  • Irma Agustiana UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Gilang Hasbi Asshidiqi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i2.11874

Keywords:

Akidah Akhlak, Pendidikan Karakter, VAK.

Abstract

Urgensi degradasi moral menjadi permasalahan besar dan menjadi fenomena yang terjadi sehari-hari. Oleh karena itu pendidikan memiliki peran untuk menanamkan karakter yang baik agar dapat menciptakan generasi yang baik pula. Hal tersebut diwujudkan dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK), salah satunya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan karakter dengan cara menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) pada pembelajaran akidah akhlak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kajian pustaka (literature review) yang menghasilkan informasi berupa data-data deskriptif berdasarkan sumber-sumber tertentu. Dari penelitian yang dilakukan memperlihatkan bahwa metode VAK dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat mendorong pendidikan karakter yang lebih baik dan mendorong pemahaman dan penguasaan siswa sehingga menciptakan generasi yang berkarakter dan berbudi pekerti. Metode pembelajaran VAK mampu memadukan berbagai gaya belajar siswa menjadi satu. Metode pembelajaran VAK memiliki kelebihan dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran. Sehingga metode pembelajaran VAK mampu memberikan gambaran akhlak yang baik dan terpuji sebagaimana tujuan dari mata pelajaran Akidah Akhlak.

References

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centerd Learning (SCL) (1st ed.). UMM Press.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. (2019). DEGRADASI MORAL BANGSA DI KALANGAN REMAJA DAN PELAJAR DILIHAT DARI PERSPEKTIF CINTA TANAH AIR DAN BELA NEGARA. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. https://disdikkbb.org/?news=degradasi-moral-bangsa-di-kalangan-remaja-dan-pelajar-dilihat-dari-perspektif-cinta-tanah-air-dan-bela-negara

Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4C daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. Quality, 8(1), 165–185. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7413

Handayani, R. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Min 25 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Hanin, N. H. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Madyopuro 2 Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Isjoni, & Ismail, M. A. H. (2012). Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Pustaka Pelajar.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.

Kemendikbud. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter. Cerdas Berkarakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika: Panduan praktis menyusun skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. PT Refika Aditama.

Mariyam, M., Wahyuni, R., & Setiawan, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.505

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. Unisia, 37(82), 18–30.

Nurhamza, A. M. S. S. (2018). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Vak (Visualization, Auditory, Kinestetic) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Rachman, F. M. (2012). Islamic Teen Parenting. Erlangga.

Rifa’i, A., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.

Surur, M. (2010). Dosen STAI Al-Rasyid Lontar Surabaya. Jurnal Fikroh, 4(2), 125–136. http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/download/16/14/

Wirawan P, A. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pai Kelas Viii Di Smp Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Agustiana, I., & Asshidiqi, G. H. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model Pembelajaran VAK. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 255–270. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i2.11874

Issue

Section

Artikel