Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model Pembelajaran VAK
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i2.11874Keywords:
Akidah Akhlak, Pendidikan Karakter, VAK.Abstract
Urgensi degradasi moral menjadi permasalahan besar dan menjadi fenomena yang terjadi sehari-hari. Oleh karena itu pendidikan memiliki peran untuk menanamkan karakter yang baik agar dapat menciptakan generasi yang baik pula. Hal tersebut diwujudkan dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK), salah satunya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan karakter dengan cara menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) pada pembelajaran akidah akhlak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kajian pustaka (literature review) yang menghasilkan informasi berupa data-data deskriptif berdasarkan sumber-sumber tertentu. Dari penelitian yang dilakukan memperlihatkan bahwa metode VAK dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat mendorong pendidikan karakter yang lebih baik dan mendorong pemahaman dan penguasaan siswa sehingga menciptakan generasi yang berkarakter dan berbudi pekerti. Metode pembelajaran VAK mampu memadukan berbagai gaya belajar siswa menjadi satu. Metode pembelajaran VAK memiliki kelebihan dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran. Sehingga metode pembelajaran VAK mampu memberikan gambaran akhlak yang baik dan terpuji sebagaimana tujuan dari mata pelajaran Akidah Akhlak.References
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centerd Learning (SCL) (1st ed.). UMM Press.
Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. (2019). DEGRADASI MORAL BANGSA DI KALANGAN REMAJA DAN PELAJAR DILIHAT DARI PERSPEKTIF CINTA TANAH AIR DAN BELA NEGARA. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. https://disdikkbb.org/?news=degradasi-moral-bangsa-di-kalangan-remaja-dan-pelajar-dilihat-dari-perspektif-cinta-tanah-air-dan-bela-negara
Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4C daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. Quality, 8(1), 165–185. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7413
Handayani, R. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Min 25 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Hanin, N. H. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Madyopuro 2 Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Isjoni, & Ismail, M. A. H. (2012). Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Pustaka Pelajar.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.
Kemendikbud. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter. Cerdas Berkarakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika: Panduan praktis menyusun skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. PT Refika Aditama.
Mariyam, M., Wahyuni, R., & Setiawan, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.505
Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. Unisia, 37(82), 18–30.
Nurhamza, A. M. S. S. (2018). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Vak (Visualization, Auditory, Kinestetic) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Rachman, F. M. (2012). Islamic Teen Parenting. Erlangga.
Rifa’i, A., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.
Surur, M. (2010). Dosen STAI Al-Rasyid Lontar Surabaya. Jurnal Fikroh, 4(2), 125–136. http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/download/16/14/
Wirawan P, A. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pai Kelas Viii Di Smp Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.