Memfungsikan Masjid sebagai Tempat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.2476Keywords:
pendidikan Islam, masjid Al-Huda, fungsi/peranan masjid, ta’mir masjidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pendidikan Islam yang dilakukan di masjid Al-Huda Tambaksogra kecamatan Sumang, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk mengetahui factor-faktor keberhasilan pendidikan islam di Masjid Al-Huda. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah study deskriptif. Subjek penelitian adalah takmir masjid Al-Huda, para ustadz dan para pelaku sejarah yang masih hidup.Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode induktif dengan model penguraian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masjid Al-Huda Tambaksogra memainkan peranan sebagai lembaga pendidikan Islam yang efektif. Hal itu terlihat dari banyaknya hasil pendidikan Islam yang telah diraih di antaranya diamalkannya Rukun Iman dan Rukun Islam dengan baik. Selain itu jama’ah shalat yang selalu membludag dalam setiap waktu shalat, dilaksanakannya infak, ibadah qurban, tadarus al-Quran, shalat dan puasa sunah serta sunatan massal dan pawai ta’aruf islam serta akhlak masyarakat yang tergolong baik. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pendidikan islam di masjid Al-Huda di antaranya adalah faktor sejarah, faktor keteladanan, faktor metode dan faktor kekompakan para tokohnya.
References
Addeh, Damas and Sayida Fuad (2011), The Legal Framework of Mosque Building and Muslim Religious Affairs in Egypt: Towards a Strengthening of State control
Ali, Maulana Muhammad (2007), Quran Suci: Terjemah dan Tafsir, Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah
Ali, Suryadharma (2013), Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi, Malang: UIN Maliki Press
Al-Maqdisi, Tartib ‘Amali Zadahu Faidh Allahu Al-Husna (t.th.), Fath Arrahman Li Thalib Ayat al-Quran, Bandung: Maktab Dakhlan Indonesia
Anonim (2000), Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve
Auliyah, R. (2014). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. Kompetensi (Competence: Journal of Management Studies), 8(1).
Farahati, Abbasali (2011), The Mosque as the First Political-Ideological Base in the Islamic Society , Journal of Politics and Law Vol. 4, No. 1
Glase, Cyril (2002) Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hafidhuddin, Didin (2003), Islam Aplikatif, Jakarta: Gema Insani Press
Hasyim, Ahmad Umar (2007), Menjadi Muslim Kafah, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Hentika, N. P. (2016). Menuju Restorasi Fungsi Masjid: Analisis Terhadap Handicap Internal Takmir Dalam Pengembangan Manajemen Masjid. Jurnal Manajemen Dakwah, 2(2).
Idi, Abdullah dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, (2006), Yogyakarta: Tiara Wacana
Ilyas, Yunahar (2002), Kuliah Akhlak, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Isgandarova, Nazila (2009), Mosques as Communities of Memories vis-Ã -vis Muslim Identity and Integration in the European Union European, Journal of Economic and Political Studies
Muhaimin (2012), Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
-------- (2013).Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada,
Qomar, Mujamil (2014), Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahman, A. Hj. Abd, , A Mohamed, W.I.Wan Ahmad, F Adam, Z Mohamad (2011), Religious Educations Programs in The Rural Mosques, Trengganu, Malaysia, British Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2 No. 2
Ramayulis (2012), Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi SAW sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia
Shihab, M. Quraish (1996), Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan
Sofwan, R. (2013). Penguatan Manajemen Pemberdayaan Fungsi Masjid Al-Fattah di Kelurahan Krapyak Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 315-334.
Tafsir, Ahmad (2013), Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
‘Ulwan, Abdullah Nasih (2012), Tarbiuah al-Aulad fi Al-Islam (Pendidikan Anak dalam Islam), Solo: Insan Kamil
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.