Pengembangan Potensi Sosiologis Pesantren Di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i1.9434Keywords:
Pengembangan Potensi SosiologisAbstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang keberadaanya telah banyak berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia baik dalam urusan keagamaan maupun kehidupan sosial. Eksistensi pesantren telah memainkan perannya sebagai lembaga pendidikan sejak zaman kolonial sampai sekarang di era global. Pesantren telah berkontribusi dalam menata kehidupan masyarakat baik dalam aspek spiritual dan sosial. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji berkenaan dengan pengembangan potensi sosiologis pesantren di era globalisasi dengan tempat penelitian di pesantren Al Falah Dago Bandung. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui studi dokumentasi, wawancara dan penelitian lapangan. Sumber data penelitian melalui wawancara dilakukan terhadap kiyai, ustazd, staf pesantren dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan potensi sosiolgis pesantren di era globalisasi dengan studi penelitian di pesantren Al Falah Dago Bandung adalah: 1) Potensi sosilogis yang dimiliki pesantren Al Falah Dago bandung melalui kegiatan aksi sosial pesantren; 2) Potensi sosiologis pesantren yang dimiliki pesantren Al Falah Dago Bandung melalui kegiatan kerjasama pesantren dengan organisasi kemasyarakatan, 3)Potensi sosiologis pesantren yang dimiliki pesantren Al Falah Dago Bandung melalui penanggulangan siswa putus sekolah.References
Ahmad, Abu, (206), Kamus Lengkap Sosiologi, Solo: CV Aneka.
Aryanti, Risma dan Ashif AzZaf, (2020), Tradisi Satu Suro di Tanah Jawa dalam Perspektif Hukum Islam, Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 2. 342-361.
Astuti, Sri Andri, (2014), Pesantren dan Globalisasi, Jurnal Tarbawiyah, Volume 11Nomor 1, 16-34.
Hastona, Ichwann, (2015), Fungsi Pembinaan Lurah Terhadap Rukun Tetangga dan Rukun Warga di Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Tahun 2013-2014, Jom FISIP Vol. 2 No. 2, 1-15.
Hayat, (2014), Pengajian Yasinan Sebagai Strategi Dakwah Nu dalam Membangun Mental dan Karakter Masyarakat, Jurnal Walisongo, Volume 22, Nomor 2, 297-320.
Isro’Diyah, SantiDwi dan Warsono, (2017), Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa di Smp Negeri 2 Jombang, Kajian Moral dan Kewarganegaraan Volume 05 Nomor 02, 288-302.
Khosiyah, Faiqotul, (2018), Living Hadis dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Pesantren Sunan Ampel Jombang, Jurnal Living Hadis, Vol. Nomor 2, 23-45.
Marlina, (2014), Potensi Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Syariah, Jurnal Hukum Islam (JHI), Volume 12, Nomor 1, 117-134.
Nurhaidah, M. Insya Musa, (2015), Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia, Jurnal Pesona Dasar, Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No. 3, 1- 14.
Rauf, Rahyunir, (2016), Hubungan Kerja Lembaga Kemasyarakatan dengan Pemerintah Kelurahan pada Pemerintah daerah Kota Pekanbaru, Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 1 No. 1,192-224.
Saputra, Eddy, dan Achmad Muhajir, (2019), Penanaman dan Penguatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Perayaan Hari Besar Islam, Jurnal Al-Ashriyyah, Vol. 5 No. 2, 125-142.
Sholahudin, Umar, (2019), Globalisasi: Antara Peluang dan Ancaman Bagi Masyarakat Multikultural Indonesia, Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol 4, No 2, 103-114.
Shodiq, M., (2011), Pesantren dan Perubahan Sosial, Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 1, No.1, 11-122.
Syam, Nur, (2010), Kepemimpinan dalam Pengembangan Pondok Pesantren, Manajemen Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.