Pelatihan Pemasaran Busana Bali melalui Media Sosial pada Masa Pandemi Covid-19

Ida Bagus Nyoman Mantra, Ida Ayu Made Sri Widiastuti, Nengah Dwi Handayani

Abstract


Pandemi Covid-19 telah menghancurkan segala bentuk usaha di Bali terutama sektor ekonomi dan pariwisata. Keadaan ini memaksa para pedagang mencari terobasan baru untuk memasarkan produk mereka. Busana Bali yang dicintai oleh banyak orang, bukan saja oleh orang Bali tetapi juga orang dari luar Bali termasuk wisatawan. Oleh karena itu, program ini dilaksanakan guna membantu mengembangkan pembuatan media pemasaran online bagi pedagang busana Bali di Kabupaten Karangasem agar penjualan busana Bali semakin berkembang untuk memabantu industri busana yang ada dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Program ini bertujuan untuk membangun media pemasaran online berbasis sosial media sehingga pembeli lebih mudah memperoleh busana yang mereka inginkan tanpa kontek fisik secara langsung. Disamping itu, program ini juga memberikan pelatihan pengoperasian media social untuk pemasaran secara berkesinambungan sehingga para penjual busana Bali mampu mengikuti perkembangan pasar. Dengan adanya media pemasaran ini, penjulan busana Bali semakin meningkat dan dapat bersaing di pasar global.


Keywords


Pelatihan; Pemasaran; Busana Bali; Pandemi

References


Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.

Hasan, S. (2021). Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Kuliner Kota Bangkinang , Provinsi Riau ). Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 30–40. http://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/view/121

Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138–146. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jmr

Husain, M. N., & Anggraini, D. (2020). Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 1–14. https://www.ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19/article/view/39

Ilmiah, J., Atmaja, H. E., Novitaningtyas, I., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2021). Analisis Aspek Pemasaran UMKM di Masa Resesi Global Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 13(1), 1–11.

Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 3(4), 346–351. https://doi.org/10.1177/2515127420916738

Nina, M. A., & Matondang, N. (2021). Pkm Pemasaran Sosial Media Berbasis Mobile Dalam Rangka Membantu Keterbatasan Ruang Gerak Selama Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 520–530. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4691

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792

Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Warung Salapan ). 6(2), 163–171.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.10908

Copyright (c) 2022 Ida Bagus Nyoman Mantra, Ida Ayu Made Sri Widiastuti, Nengah Dwi Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347