Pelatihan Pemasaran Busana Bali melalui Media Sosial pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.10908Keywords:
Pelatihan, Pemasaran, Busana Bali, PandemiAbstract
Pandemi Covid-19 telah menghancurkan segala bentuk usaha di Bali terutama sektor ekonomi dan pariwisata. Keadaan ini memaksa para pedagang mencari terobasan baru untuk memasarkan produk mereka. Busana Bali yang dicintai oleh banyak orang, bukan saja oleh orang Bali tetapi juga orang dari luar Bali termasuk wisatawan. Oleh karena itu, program ini dilaksanakan guna membantu mengembangkan pembuatan media pemasaran online bagi pedagang busana Bali di Kabupaten Karangasem agar penjualan busana Bali semakin berkembang untuk memabantu industri busana yang ada dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Program ini bertujuan untuk membangun media pemasaran online berbasis sosial media sehingga pembeli lebih mudah memperoleh busana yang mereka inginkan tanpa kontek fisik secara langsung. Disamping itu, program ini juga memberikan pelatihan pengoperasian media social untuk pemasaran secara berkesinambungan sehingga para penjual busana Bali mampu mengikuti perkembangan pasar. Dengan adanya media pemasaran ini, penjulan busana Bali semakin meningkat dan dapat bersaing di pasar global.
References
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.
Hasan, S. (2021). Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Kuliner Kota Bangkinang , Provinsi Riau ). Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 30–40. http://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/view/121
Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138–146. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jmr
Husain, M. N., & Anggraini, D. (2020). Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 1–14. https://www.ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19/article/view/39
Ilmiah, J., Atmaja, H. E., Novitaningtyas, I., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2021). Analisis Aspek Pemasaran UMKM di Masa Resesi Global Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 13(1), 1–11.
Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 3(4), 346–351. https://doi.org/10.1177/2515127420916738
Nina, M. A., & Matondang, N. (2021). Pkm Pemasaran Sosial Media Berbasis Mobile Dalam Rangka Membantu Keterbatasan Ruang Gerak Selama Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 520–530. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4691
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792
Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Warung Salapan ). 6(2), 163–171.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.