Belanjadesa.id: Pasar Digital Kalurahan Bangunjiwo untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Syafiqurrohman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Vicky Alfitra Perdana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Cahyadi Eko Saputro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Pandu Ario Wijaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Arham Fathan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11625

Keywords:

Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Karang Taruna, Marketplace, Belanjadesa.id

Abstract

Kalurahan Bangunjiwo merupakan salah satu kalurahan terluas yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Potensi UMKM di Kalurahan Bangunjiwo juga sangat melimpah diantaranya UMKM di bidang Makanan dan Bidang Kerajinan. Ditengah Pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya pendapatan bagi pelaku UMKM. Sebagai agent of change, Karang Taruna bersama dengan Tim Pengusul  Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masayrakat (PKM-PM) UMY menciptakan sebuah inovasi platform pasar digital bagi kalurahan Bangunjiwo yang dikelola oleh Karang Taruna ‘AKRAB’ Kalurahan Bangunjiwo sebagai Mitra dari Tim Pengusul. Metode Pelaksanaan dilalui melalui beberapa tahap diantaranya Tahap Persiapan, tahap Pelaksanaan dan Tahap Evaluasi dan Monitoring. Tujuan dari diadakannya Pengabdian ini adalah untuk membangun sinergitas antara UMKM, masyarakat Kalurahan Bangunjiwo, dan Pemerintah Kalurahan Bangunjiwo terutama melalui media digital marketing. Hasil pengabdian yang dilaksanakan diantaranya adalah terciptanya platform marketplace UMKM yang dikelola oleh Tim Belanjadesa.id yang merupakan bentukan dari Karang Taruna, Diadakannya Workshop/Pelatihan seperti Workshop Administrasi, Desain, Driver dan Pengelolaan Website. Kemudian juga dilakukan Monitoring serta evaluasi bagi Mitra Pengabdian guna mengukur keberhasilan Mitra dalam menjalankan Program Belanjadesa.id. Program Pengabdian Kepada Masyrakat ini sagat diperlukan mengingat seluruh UMKM perlu mengetahui serta bertransformasi ke era digital. Disisi lain, pemberdayaan Karang Taruna sebagai salah satu organisasi kepemudaan dan agent of change sangat dibutuhkan terutama ditengah Pandemi Covid-19 yang menuntut pemuda dapat menciptakan inovasi secara cepat dan tepat guna.

Author Biography

Ahmad Syafiqurrohman, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

References

Arianto, B. (2020) ‘Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19’, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), pp. 233–247.

Elia, G., Margherita, A. and Passiante, G. (2020) ‘Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process’, Technological Forecasting and Social Change, 150(January 2019), p. 119791. doi: 10.1016/j.techfore.2019.119791.

Evani, fuska sani (2020) Dampak Covid-19, Pendapatan UMKM di DIY Turun 80%, beritasatu.com. Available at: https://www.beritasatu.com/nasional/655435/dampak-covid19-pendapatan-umkm-di-diy-turun-80 (Accessed: 11 August 2021).

Giones, F. and Brem, A. (2017) ‘Digital Technology Entrepreneurship: A Definition and Research Agenda’, Technology Innovation Management Review, 7(5), pp. 44–51. doi: 10.22215/timreview1076.

Hermawan (2020) UMKM Desa Bangunjiwo, www.bangunjiwo-bantul.desa.id. Available at: https://bangunjiwo-bantul.desa.id/first/artikel/900 (Accessed: 14 February 2021).

Lu, Y., Nakicenovic, N., Visbeck, M., & Stevance, A.-S. (2015) ‘Policy: Five priorities for the UN Sustainable Development Goals.’, p. 2015.

Lumanauw, N. (2020) ‘Digitalisasi Terbukti Menjadi Penyelamat UMKM di Masa Pandemi’, Jumat, 25 September 2020 | 13:18 WIB, September.

Pakpahan, A. K. (2020) ‘Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah’, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), pp. 59–64. doi: 10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Purba, A. M. et al. (2021) ‘Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai’, 5(1), pp. 41–47. doi: 10.30595/jppm.v5i1.8363.

Rosyadi, S. et al. (2021) ‘Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis untuk Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Lumbir’, 5(1), pp. 21–26. doi: 10.30595/jppm.v5i1.6829.

Santia, T. (2020) Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Ini Hitungannya, liputan6.com. Available at: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini-hitungannya#:~:text=Oleh sebab itu%2C Kementerian Koperasi,untuk masuk ke ekosistem digital. (Accessed: 14 February 2021).

Sjuchro, D. W. et al. (2019) ‘Komunikasi kebencanaan Radio Bunut sebagai radio komunitas di Sukabumi’, Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), p. 145. doi: 10.24198/jkk.v7i2.20737.

Suranto, Wulandari, W. and Priyo Purnomo, E. (2019) ‘Collaborative Government dalam Mewujudkan Inovasi Pelayanan’, JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 4(1), pp. 13–28. doi: 10.24905/jip.4.1.2019.13-28.

Tempo.co (2021) ‘Cek Nama Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Masukkan No KTP di eform.bri.co.id/bpum’, Kamis, 22 April 2021 11:00 WIB, April.

Ulya, F. N. (2021) ‘RI Masih Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Minus 0,74 Persen pada Kuartal I-2021’, 05/05/2021, 11:38 WIB, May.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Syafiqurrohman, A., Perdana, V. A., Saputro, M. C. E., Wijaya, P. A., & Fathan, M. A. (2023). Belanjadesa.id: Pasar Digital Kalurahan Bangunjiwo untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 417–426. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11625

Similar Articles

<< < 

You may also start an advanced similarity search for this article.