Pelatihan Seni Kaligrafi sebagai Sarana Pengenalan Budaya Islam bagi Generasi Muda

Abdul Muntaqim Al Anshory, Rohmatulloh Salis

Abstract


Kaligrafi berperan penting dalam pembangunan peradaban Islam. Pengenalan dan pelestarian kaligrafi  sebagai bagian dari budaya Islam bagi generasi muda adalah suatu keharusan. Di tengah arus global sekarang, generasi muda dihadapkan dengan keberagaman pengetahuan, budaya, cara pandang, dan etika yang memberi pengaruh perubahan terhadap diri mereka.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan seni kaligrafi bagi generasi muda dan memberi keterampilan dasar kaligrafi sebagai salah satu bekal yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi mereka di masa depan. Kegiatan dilaksanakan di komunitas Omah Wacan Kabupaten Malang, yang merupakan pusat kegiatan belajar literasi dan keterampilan bagi masyarakat, khususnya anak-anak remaja dari keluarga tidak mampu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbasis Participatory Action Research, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, pemberian contoh, tanya jawab, dan praktek menulis. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan meliputi observasi awal, analisis kebutuhan, perekrutan peserta dan penjadwalan kegiatan, (2) Pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan selama 6 kali pertemuan, materi khat naskhi, menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan praktek menulis, dan (3) evaluasi pada saat proses pelatihan, akhir pertemuan dan akhir pelatihan secara keseluruhan. Pengelola Omah Wacan memberikan apresiasi yang sangat baik kepada tim pelaksana pengabdian. Menurut peserta, pelatihan kaligrafi memberikan semangat tersendiri dan mengajarkan nilai-nilai positif, di antaranya menumbuhkan kecintaan pada seni budaya Islam terutama seni menulis, melatih ketenangan, kesabaran, dan konsentrasi.


Keywords


Budaya Islam; Generasi Muda; Kaligrafi

References


Agustin, Ayu, and Siti Zazak Soraya. 2022. “Pemberdayaan Santri Melalui Pelatihan Kaligrafi Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.” Janita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):7–15. doi: 10.36563/pengabdian.v2i1.427.

AR, D. Sirojuddin. 2002. Lukisan Tembok, Kaligrafi, Dan Arabes. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.

Fitriani, Laily. 2011. “Seni Kaligrafi: Peran Dan Kontribusinya Terhadap Peradaban Islam.” El-HARAKAH 13(1):1–12. doi: 10.18860/el.v0i0.2014.

Gunawan, Indra. 2016. “Pelatihan Kaligrafi Terhadap Tingkat Stress Narapidana.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 13(1):39. doi: 10.18860/psi.v13i1.6408.

Hanafi, Olvyanda Ariesta, and Ikhsan Maulana. 2020. “Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang.” BATOBOH (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 5(2):113–23. doi: 10.26887/bt.v5i2.1297.

Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Reamaja Rosdakarya.

Huda, Nurul. 2017. “Implementasi Jenis Khat Naskhi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(2):291–316. doi: 10.14421/almahara.2017.032-06.

Ihsan, Muhammad Adib. 2016. “Pelaksanaan Sistem Pondok Dan Pelatihan Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kemampuan Kecakapan Hidup (Life Skill) Bagi Santri Di Pondok Pesantren Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.” J+Plus Unesa 5(2):1–6.

Jaudi, M. H. 1998. Al-Fan Al-‘araby Al-Islami. Oman. Dar al-Masirah.

Kirom, Syahrul, and Alif Lukmanul Hakim. 2020. “Kaligrafi Islam Dalam Perspektif Filsafat Seni.” Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 20(1):62–63. doi: 10.14421/ref.2020.2001-04.

Lukitoyo, Pristi Suhendro, Elvida Liani Nasution, Indah Sarini, and Pratama Imanda Putra. 2019. “PKM- Pengabdian Kepada Masyarakat : Kaligrafi Sabut Kelapa.” International Journal of Community Service Learning 3(2):48. doi: 10.23887/ijcsl.v3i2.17811.

Makin, H. N. 1995. Kapita Selekta Kaligrafi Islami. Jakarta: PT. Citra Serumpuni Padi.

Masruri, H. 2002. Belajar Menulis Indah Kaligrafi Arab: Panduan Bagi Para Pelatih Dan Murid. Yogyakarta: Pilar Media.

Miles, M & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (Ed 2). Thousand Oaks California: Sage Publications.

Muspawi, Mohamad. 2018. “Pelatihan Menulis Kaligrafi Arab Bagi Siswa SD No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 2(1):37–45. doi: 10.22437/jkam.v2i1.5429.

Oktavera, H., A. W. Abdullah, Misbahuddin, and Ways Al-Qarni. 2021. “Pelatihan Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Di Kota Manado.” TARSIUS 3(2):11–18.

Patriani, S. R. 2017. “Pengaruh Sosiokultural Budaya Islam Terhadap Seni Lukis Kaligrafi Di Indonesia.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 13(23):76–88. doi: https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a453.

Sarif, Dahrun. 2016. “Pengaruh Alquran Terhadap Perkembangan Kaligrafi Arab.” Etnohistori 3(2):163–72.

Senoprabowo, Abi, Ali Muqoddas, and Noor Hasyim. 2019. “Desain Grafis Untuk Meningkatkan Nilai Kaligrafi Pada Santri Dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak.” International Journal of Community Service Learning 3(4):211. doi: 10.23887/ijcsl.v3i4.21792.

Sirojuddin AR, H. D. 2007. Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam. Jakarta: Darul Ulum Press.

Sugianto, Alip, Riyanto Riyanto, and Muh Tajab. 2022. “Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(5):3–10. doi: 10.31764/jmm.v6i5.10020.

Zulhelman, Nofrial, Purwo Prihatin, and Sella Refialisa. 2018. “Pembuatan Kaligrafi Islam Dari Bahan Limbah Di MAN 3 Padangpanjang.” Jurnal Abdimas Mandiri 2(2):111–20. doi: https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.12846

Copyright (c) 2024 Abdul Muntaqim Al Anshory, Rohmatulloh Salis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347