Pelatihan Keterampilan Proses Sains Menggunakan E-Petunjuk Praktikum Uji Cemaran Bakteri Air Minum

Authors

  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah http://orcid.org/0000-0001-6609-5530
  • Rossanita Truelovin Hadi Putri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Habibatur Rohmah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mega Mufidatul Saputri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.13401

Keywords:

Pelatihan, Keteramilan Proses Sains, E-Petunjuk Praktikum

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan kegiatan mengaktifkan keterampilan proses dan berpikir secara ilmiah, dengan adanya pandemi covid-19 sehingga membuat terkendala dalam keterampilan tersebut, sehingga dalam pengabdian ini yaitu dengan mengadakan pelatihan kepada peserta didik dengan menggunakan e-Petunjuk Praktikum Uji Cemaran Bakteri untuk air minum yang mana sebelumnya sudah dikembangkan oleh tim pengabdian pada masyarakat kemudian menerapkannya kepada para guru dan peserta didik sebagai pelatihan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu pengembangan produk, seminar dan pelatihan untuk menerapkan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil pengabdian berikut menghasilkan produk yang sudah tervalidasi ahli kemudian melakukan sosialisasi kepada peserta didik dan guru, selanjutnya melakukan pelatihan berupa praktikum uji cemaran air minum. Hasil pengabdian merupakan hasil penelitian terapan yang diterapkan di sekolah sebagai pengabdian ke lapang hasil dari penelitian, disimpulkan keseluruhan hasil pengabdian kepada masyarakat dengan kategori tinggi.

References

Adrianto, R. (2018). Pemantauan Jumlah Bakteri Coliform Di Perairan Sungai Provinsi Lampung. Majalah Teknologi Agro Industri (TEGI), 10(1), 1–6.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Alpha Math Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.

Dimyati., dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawati, A. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 pada Pembelajaran Kimia dengan Model Learning Cycle 5E. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). https://eprints.uny.ac.id/30145/

Meishanti, Y.P.O., dan Baroroh, I. 2019. Strategi Belajar Mengajar Berorientasi K-13. Jombang: Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah.

Meishanti, O., P., Y. dkk. 2023. Ipteks bagi Green Entrepreneurshipmelalui Edu Eco-frienzym di MA Bahrul Ulum Jombang. PENDIDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4, No. 3, Desember 2023 Hal. 115 -122 e-ISSN:2774-7921. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4143/1781

Panjaitan & Wahyuni. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11-21.

Permendikdud No. 36 Tahun 2018. Perbuhan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Jakarta.

Putra., I. A., Luyunah., L., Meishanti., O., P., Y. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentangBakteri Escherichia coli. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi. JBE 6(3) (2021)270-280. https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBE/article/view/1186/829

Safitri, L. F., Widyorini, N., & Jati, E. (2018). Analisis Kelimpahan Total Bakteri Coliform Di Perairan Muara Sungai Sayung, Morosari, Demak. Saintek Perikanan (Indonesian Journal of Fishers Science and Technology), 14(1), 30–35

Sartika, I.A., Koesma, E.R., Abidin, Z. 2015. Pengaruh Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Menurunkan Tingkat Depresi pada Pasien Gagal Ginjal Kronik. Jurnal Universitas Padjajaran. (Online). http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/SYARAT-SIDANG-ADE-INSANI-SARTIKA.pdf

Susilawati., Sridana, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, Vol 8, No 1, (Online). http://biota.ca.id/index.php/jb/article/download/56/39

Sutiknowati, L. I. (2018). Keragaman Bakteri pada Perairan Sabang , Provinsi Aceh. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera: A Scientific Journal, 35(2), 54–62. https://doi.org/10.20884/1.mib.2018.35.2.523

Uzer, O. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wina, S. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Meishanti, O. P. Y., Putri, R. T. H., Putra, I. A., Rohmah, H., & Saputri, M. M. (2024). Pelatihan Keterampilan Proses Sains Menggunakan E-Petunjuk Praktikum Uji Cemaran Bakteri Air Minum. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(3), 343–354. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.13401

Similar Articles

<< < 

You may also start an advanced similarity search for this article.