Upaya Pencegahan Obesitas Remaja Melalui Pendampingan dan Edukasi Label Gizi Serta Penerapan Kunci Jajan Sehat Bergizi
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.14483Keywords:
Edukasi, Jajan, Label, Obesitas, RemajaAbstract
Remaja meruapakan usia yang rentan terhadap masalah gizi. Permasalahan gizi pada remaja saat ini masuk kedalam kategori Triple Burden Malnutrisi yaitu kekurangan gizi, kelebihan berat badan, dan juga defisiensi mikronutrien. Penyebab masalah gizi pada remaja saat ini salah satunya diakibatkan karena pola asupan makan yang tidak sehat. Pola makan remaja saat ini cenderung tinggi energi, tinggi lemak, tinggi natrium, tinggi gula, dan rendah serat. Hal ini didukung juga dengan banyaknya jajanan kekinian yang rendah zat gizi beredar di kalangan remaja. Pola makan yang tidak sehat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan yang tidak optimal serta lebih rentan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit degeneratif. Kurangnya perhatian dalam membaca label informasi gizi secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap pemilihan makanan dan pola asupan yang tidak sesuai. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kesadaran, pengetahuan dalam penggunaan label makanan, serta kemampuan dalam mengartikan informasi zat gizi untuk menentukan pilihan makanan yang sehat. Tujuan: melakukan pendapingan agar para remaja mengetahui dan mengimplementasikan membaca informasi gizi dan pola makan sehat bergizi. Metode yang digunakan adalah pendampingan berupa edukasi yang dilakukan secara periodik dan praktik membaca label informasi gizi. Mitra Berdasarkan nilai pre-post tes terdapat peningkatan pengetahuan remaja sebesar 76% dalam memahami label informasi gizi dan jajan sehat bergizi. Hasil kegiatan menggambarkan pemahaman remaja dalam membaca label informasi gizi dan penerapan pola makan jajan sehat bergizi.
References
Azizah, R. A. (2019). Pengetahuan dan Perilaku terkait Label Gizi dan Keputusan Pembelian Makanan Ringan Siap Santap. Jurnal Gizi dan Pangan.
Dewi, M. d. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Feeding Practice Ibu Balita Stunting Usia 6-24 Bulan . Indonesian Journal Of Human Nutrition, 1-8.
Erni Rukmana, E. F. (2023). Penilaian Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang serta Status Gizi pada Remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Bandung, Kabupaten Deli Serdang. Amerta Nutrition, 178-183.
Fitriana, R. d. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi remaja putri. Jurnal Vokasi Kesehatan Edisi 6, 46-51.
Goyal, R. &. (2018). Food Label Reading: Read before you eat. Journal of Education and Health Promotion.
Huda, Q. A. (2018). Sikap Dan Perilaku Membaca Informasi Gizi Pada Label Pangan Serta Pemilihan Pangan Kemasan. Media Gizi Indonesia, 11(2), 175-181.
Kemenkes, R. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Mardalena. (2017). Dasar - dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Rah, J. H.-B. (2021). The Triple Burden of Malnutrition Among Adolescents in Indonesia. Food and Nutrition, 4-8.
Teng, C. Y. (2018). Evaluation of the Effectiveness of a 3-Year, Teacher-Led Healthy Lifestyle Program on Eating Behaviors Among Adolescents Living in Day School Hostels in Malaysia. Food and Nutrition Bulletin, 595-607.
Titisari, I. d. (2013). Hubungan Pengetahuan Remaja Usia 17-20 Tahun Tentang Kesehatan Reproduksi Terhadap Sikap Berpacaran Sehat di Kelas III SMK 2 Pawyatan Dhaha Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 47-60.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.