Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Perajin Bambu di Desa Sirkandi Purwareja Klampok Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2395Keywords:
Pemberdayaan, Kelompok Masyarakat, Perajin Bambu, BanjarnegaraAbstract
Kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat perajin bambu dilaksanakan di Desa Sirkandi Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Desa Sirkandi memiliki potensi jumlah perajin bambu yang tergabung dalam kelompok masyarakat paling banyak di Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara. Tujuan kegiatan diarahkan pada peningkatan produksi dan pendapatan kelompok perajin bambu.. Pengembangan industri kreatif berbasis potensi desa berupa diversifikasi produk kerajinan bambu seperti piti dan tampah berkualitas dan marketable. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pendidikan masyarakat dan pelatihan yang ditujukan kepada kelompok masyarakat perajin bambu. Pendidikan masyarakat dilakukan melalui kegiatan penyuluhan tentang pengembangan industri kreatif bambu, diversifikasi produk dan strategi pemasaran produk kerajinan bambu. Pelatihan berupa demonstrasi langsung atau praktik diversifikasi produk kerajinan bambu berupa piti dan tampah bambu. Kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat ini tentu saja memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan perajin bambu, tentang pemanfaatan potensi bambu sebagai bahan kerajinan dalam mendukung kemandirian dan keberlanjutan usaha kelompok masyarakat menuju pengembangan industri kreatif berbasis potensi desa. Selain itu memberikan manfaat adanya peningkatan keterampilan usaha melalui penerapan strategi diversifikasi dan pemasaran produk kerajinan bambu.References
Agustian, A, (2005). Analisis Berbagai Bentuk Kelembagaan Pemasaran dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Usaha Komoditas Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi. Badan Penelitian dan Pengembangan. Departemen Pertanian.
Ardiansyah, (2011). Peluang Usaha dari Kerajinan Bambu. STMIK Amikom Yogyakarta.
BAPPENAS, (2011), Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.
BPS Kab. Banjarnegara. 2017. Kecamatan Purwareja Klampok Dalam Angka 2017. http://banjarnegarakab.bps.go.id.Diakses 09 Februari 2018.
Departemen Perdagangan RI, (2008), Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009 – 2015.
Diniaty, D, Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11, (2), 175 – 184.
Hermawan, H, (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia,1, (2) .
Sarno, Lukmanul H, Bondan HS. (2014). IbM Kerajinan Bambu di Purwareja Klampok Banjarnegara. Laporan Mono Tahun Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Politeknik Banjarnegara.
Syahza. A, (2007). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Ekonomi Pedesaan Berbasis Agribisnis di Daerah Riau, Lembaga Penelitian Universitas Riau, Pekanbaru.
Selang, C.A.D., (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya TerhadapLoyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 1, (3). 71-80.
Wibhawa, B, Sahadi H, Agus WR, Budi M.T, Maulana Binahayati.2017. Pengembangan Produktivitas Pengrajin Bambu Melalui Pelatihan Olahan Aneka Kerajinan Bambu di Desa Genteng Kecamatan Sukasari Sumedang. Jurnal Penelitian & PPM. 4, (2), 129 – 389.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.