Evaluasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Studi Kasus KWT Dahlia, Kecamatan Gedong Tataan

Ade Yulistiani, Kiki Ambarwati, Helvi Yanfika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan penyuluhan dan mempelajari pelaksanaan kegiatan penyuluhan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia Kecamatan Gedong Tataan.  Penelitian ini dilaksanakan pada KWT Dahlia, Desa Penengahan, Kecamatan Gedong Tataan.  Lokasi ini dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Desa Penengahan merupakan salah satu desa yang memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian, dan ketersediaannya lahan pekarangan.  Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei 2020.  Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang wanita tani.  Penelitian ini menggunakan metode survei, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan metode evaluasi formatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan pada KWT Dahlia merupakan penyuluhan partisipatif. Hasil evaluasi, menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan berdasarkan hasil pre-test dan postest. Perubahan pengetahuan yang menandakan sasaran telah mampu memahami materi dengan baik. Perubahan sikap  sasaran menunjukan bahwa penyuluhan ini mampu memotivasi sasaran dalam pemanfaatan pekarangan. Pada aspek perubahan perilaku, pemanfaatan perkarangan telah banyak dilakukan oleh sasaran.  adapun kendala dalam pelaksanaan pemanfaatan pekarangan adalah faktor biaya dan lingkungan berupa cuaca. Oleh karena itu pemilihan materi sebaiknya memperhitungkan masalah, kebutuhan dan faktor penghambat agar terumuskan program penyuluhan yang efektif. 


Keywords


KWT; Pekarangan; Penyuluhan

References


Ahmad, Ahfandi. 2017. Model Penyuluhan Partisipatif Terhadap Respon Adopsi Petani di Kabupaten Sinjai. Jurnal Agrominansia, 2 (1):1-9.

Arif, W. 2011. Evaluasi Psikologi Komunikasi dan Efektivitas Komunikasi. Thesis Universitas Sebelas Maret. Diakses 27 Maret 2020.http://psikommamoy.blogspot.com/2011/11/efektivitas-komunikasi.html

Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Eriantina. 2018. Analisis Efektivitas Program Pemberdayaan Penyuluh Pertanian dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi Sawah Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Bumi Jaya Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara). Program Studi: Ekonomi Syari’ah, Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Lundandi, A.G. 1987. Pendidikan Orang Dewasa. PT. Gramedia. Jakarta.

Padmowihardjo. 2002. Metode Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka. Jakarta.

Supriyanto, Soeharso, dan Achadiati. 2019. Kajian Evaluasi Program Penyuluhan Pupuk Bokashi Di Kelompok Tani Angulir Hasto, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Jurnal Penyuluhan Pembangunan, 1.(1):1-10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i1.7614

Copyright (c) 2022 Ade Yulistiani, Kiki Ambarwati, Helvi Yanfika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347