Pendampingan Kebiasaan Baru Siswa SD Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar dari Rumah

Radiah Ulil Absari, Yudha Nurdian

Abstract


Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan satu dari sekian banyak lokasi di Indonesia yang terdampak COVID-19 terlebih pada dunia pendidikan yang mengakibatkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Sistem pembelajaran dirumah membuat siswa merasa kesulitan karena siswa dituntut untuk belajar sendiri tanpa adanya bimbingan. Hal ini merupakan tujuan diadakannya pembinaan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Metode pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan termasuk perencanaan (indentifikasi kesulitan siswa), implementasi (pembuatan materi, praktek aplikasi pembelajaran) dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah; 1)  siswa memberikan respon positif pada kegiatan ini dan merasa terbantu dalam mendukung pembelajaran dirumah; 2) siswa menjadi lebih senang dengan sistem belajar yang baru dan lebih menyenangkan.


Keywords


Teknologi Infromasi dan Komunikasi; Kemandirian Belajar; Siswa Sekolah Dasar

References


Anwarudin, M. (2017, Agustus). Analisis Sistem Belajar Tatap Muka dan Jarak Jauh, Kesenjangan Atas Tujuh Aspek Tujuan Pendidikan Humanistik dan Pemanfaatan Open Educational Resources (OER). Diunduh dari: https://openheartacademic.blogspot.com/2017/12/analisa-sistem-belajar-tatap-muka-dan_13.html#comment-form

Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. (2015, Agustus). Pengertian dan Tujuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Diunduh dari: https://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html

Munawaroh, I. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kemandririan Belajar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.

Rosyid, A., Noor, M., & Sutisna, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa dalam Pembinaan Olimpiade MIPA SD di Gugus Ahmad Yani Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 335-343.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i2.8161

Copyright (c) 2022 Radiah Ulil Absari, Yudha Nurdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347