Pendampingan Kebiasaan Baru Siswa SD Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar dari Rumah
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.8161Keywords:
Teknologi Infromasi dan Komunikasi, Kemandirian Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan satu dari sekian banyak lokasi di Indonesia yang terdampak COVID-19 terlebih pada dunia pendidikan yang mengakibatkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Sistem pembelajaran dirumah membuat siswa merasa kesulitan karena siswa dituntut untuk belajar sendiri tanpa adanya bimbingan. Hal ini merupakan tujuan diadakannya pembinaan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Metode pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan termasuk perencanaan (indentifikasi kesulitan siswa), implementasi (pembuatan materi, praktek aplikasi pembelajaran) dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah; 1)Â siswa memberikan respon positif pada kegiatan ini dan merasa terbantu dalam mendukung pembelajaran dirumah; 2) siswa menjadi lebih senang dengan sistem belajar yang baru dan lebih menyenangkan.
References
Anwarudin, M. (2017, Agustus). Analisis Sistem Belajar Tatap Muka dan Jarak Jauh, Kesenjangan Atas Tujuh Aspek Tujuan Pendidikan Humanistik dan Pemanfaatan Open Educational Resources (OER). Diunduh dari: https://openheartacademic.blogspot.com/2017/12/analisa-sistem-belajar-tatap-muka-dan_13.html#comment-form
Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. (2015, Agustus). Pengertian dan Tujuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Diunduh dari: https://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html
Munawaroh, I. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kemandririan Belajar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.
Rosyid, A., Noor, M., & Sutisna, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa dalam Pembinaan Olimpiade MIPA SD di Gugus Ahmad Yani Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 335-343.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.