Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai

Authors

  • Arief Marizki Purba Universitas Sumatera Utara
  • Adil Arifin Universitas Sumatera Utara
  • Fernanda Putra Adela Universitas Sumatera Utara
  • Alwi Dahlan Ritonga Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Usaha Produk Dodol, Pengelolaan Usaha

Abstract

Pelatihan dan sosialisai  diberikan kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah para pedagang produk dodol di Dusun II  Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam pelatihan ini, pihak mitra diberikan materi-materi pokok (modul) tentang strategi komunikasi pemasaran yang baik, benar dan sesuai untuk di implementasikan di sana. Pihak mitra lebih mampu mengembangkan potensi pangsa pasar melalui pendayagunaan media-media online sehingga tidak hanya terpaku dan bergantung kepada para pengguna jalan saja. Dengan demikian maka mitra lebih paham dan mengerti tentang langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan yang sedang mereka alami. Target yang ingin dicapai melalui pengabdian ini adalah: (1) Jangkauan pangsa pasar para pedagang produk dodol di Dusun II Pasar Bengkel lebih luas dan meningkat. (2) Kelompok mitra terampil dalam mempromosikan produknya melalui toko-toko online dengan mengandalkan berbagai media sosial yang ada saat ini. (3) Kelompok mitra lebih teredukasi dalam mengembangkan usahanya melalui strategi komunikasi pemasaran yang telah diberikan nantinya. (4) Kelompok mitra mampu meningkatkan nilai jual produk dodol melalui beberapa keterampilan dan bantuan yang diberikan nantinya. (5) Dengan terlaksananya pelatihan dan sosialisasi strategi komunikasi pemasaran ini, maka diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup kelompok mitra sehingga usaha produk dodol tetap lestari dan berkelanjutan.

Author Biographies

Arief Marizki Purba, Universitas Sumatera Utara

Departemen Ilmu Komunikasi

Adil Arifin, Universitas Sumatera Utara

Departemen Ilmu Politik

Fernanda Putra Adela, Universitas Sumatera Utara

Departemen Ilmu Politik

Alwi Dahlan Ritonga, Universitas Sumatera Utara

Departemen Ilmu Politik

References

Dnaberita.com. (2019, June 19). Pusat Oleh-oleh Pasar Bengkel Perbaungan Ikon Sergai Harus Bangkit. DNA Berita. Retrieved from http://dnaberita.com/2019/06/19/pusat-oleh-oleh-pasar-bengkel-perbaungan-ikon-sergai-harus-bangkit/

Hamid, S. (2016). Analisis Program Pemasaran Produk UMKM Dodol Garut. Jurnal Manajemen Dan Bisnif Kreatif, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.164

Iriantara, Y. (2014). Manajemen Media Massa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kuncoro, M. (2007). Ekonomika Industri Indonesia 2007: Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: CV. Andi.

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.

Niode, I. Y. (2009). Sektor Umkm Di Indonesia: Profil , Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1). Retrieved from http://repository.ung.ac.id/get/kms/9446/Jurnal-Sektor-UM-Di-Indonesia-Profil-Masalah-Dan-Strategi-Pemberdayaan.pdf

Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ritonga, A. D. (2020). LPM USU Beri Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pedagang Pasar Bengkel. Retrieved August 24, 2020, from Kumparan website: https://m.kumparan.com/amp/alwi-dahlan-ritonga/lpm-usu-beri-pelatihan-strategi-komunikasi-pemasaran-bagi-pedagang-pasar-bengkel-1tsPdutn7Vo

Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi pemberdayaan umkm.pdf

Tusianti, E., Prihatiningsih, D. R., & Santoso, D. H. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=NjY5MTIwNDhiNDc1YjE0MjA1N2Y0MGJl&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMDMvMDUvNjY5MTIwNDhiNDc1YjE0MjA1N2Y0MGJlL2FuYWxpc2lzLWhhc2lsLXNlMjAxNi1sYW5qdXRhbi1wb3RlbnNpLXBlbmluZ2thdGFu

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-14

How to Cite

Purba, A. M., Arifin, A., Adela, F. P., & Ritonga, A. D. (2021). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 41–47. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.