Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Usaha Produk Dodol, Pengelolaan UsahaAbstract
Pelatihan dan sosialisai diberikan kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah para pedagang produk dodol di Dusun II Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam pelatihan ini, pihak mitra diberikan materi-materi pokok (modul) tentang strategi komunikasi pemasaran yang baik, benar dan sesuai untuk di implementasikan di sana. Pihak mitra lebih mampu mengembangkan potensi pangsa pasar melalui pendayagunaan media-media online sehingga tidak hanya terpaku dan bergantung kepada para pengguna jalan saja. Dengan demikian maka mitra lebih paham dan mengerti tentang langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan yang sedang mereka alami. Target yang ingin dicapai melalui pengabdian ini adalah: (1) Jangkauan pangsa pasar para pedagang produk dodol di Dusun II Pasar Bengkel lebih luas dan meningkat. (2) Kelompok mitra terampil dalam mempromosikan produknya melalui toko-toko online dengan mengandalkan berbagai media sosial yang ada saat ini. (3) Kelompok mitra lebih teredukasi dalam mengembangkan usahanya melalui strategi komunikasi pemasaran yang telah diberikan nantinya. (4) Kelompok mitra mampu meningkatkan nilai jual produk dodol melalui beberapa keterampilan dan bantuan yang diberikan nantinya. (5) Dengan terlaksananya pelatihan dan sosialisasi strategi komunikasi pemasaran ini, maka diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup kelompok mitra sehingga usaha produk dodol tetap lestari dan berkelanjutan.
References
Dnaberita.com. (2019, June 19). Pusat Oleh-oleh Pasar Bengkel Perbaungan Ikon Sergai Harus Bangkit. DNA Berita. Retrieved from http://dnaberita.com/2019/06/19/pusat-oleh-oleh-pasar-bengkel-perbaungan-ikon-sergai-harus-bangkit/
Hamid, S. (2016). Analisis Program Pemasaran Produk UMKM Dodol Garut. Jurnal Manajemen Dan Bisnif Kreatif, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.164
Iriantara, Y. (2014). Manajemen Media Massa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Kuncoro, M. (2007). Ekonomika Industri Indonesia 2007: Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: CV. Andi.
Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.
Niode, I. Y. (2009). Sektor Umkm Di Indonesia: Profil , Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1). Retrieved from http://repository.ung.ac.id/get/kms/9446/Jurnal-Sektor-UM-Di-Indonesia-Profil-Masalah-Dan-Strategi-Pemberdayaan.pdf
Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ritonga, A. D. (2020). LPM USU Beri Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pedagang Pasar Bengkel. Retrieved August 24, 2020, from Kumparan website: https://m.kumparan.com/amp/alwi-dahlan-ritonga/lpm-usu-beri-pelatihan-strategi-komunikasi-pemasaran-bagi-pedagang-pasar-bengkel-1tsPdutn7Vo
Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi pemberdayaan umkm.pdf
Tusianti, E., Prihatiningsih, D. R., & Santoso, D. H. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=NjY5MTIwNDhiNDc1YjE0MjA1N2Y0MGJl&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMDMvMDUvNjY5MTIwNDhiNDc1YjE0MjA1N2Y0MGJlL2FuYWxpc2lzLWhhc2lsLXNlMjAxNi1sYW5qdXRhbi1wb3RlbnNpLXBlbmluZ2thdGFu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.