Pelatihan Peningkatan Kompetensi Komputer Desain Bagi Disabilitas di Yayasan Bunga Bali
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.8911Keywords:
Disabilitas, Desain, Komputer, KompetensiAbstract
Para disabilitas dalam konteks sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya mendapatkan perlakuan khusus, sehingga hak-haknya dapat dinikmati. Selaras dengan kesamaan hak untuk memperoleh pendidikan sebagai mana diamanatkan dalam amandeman kedua UUD 1945, maka pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk berkontribusi dengan memberi pengetahuan sesuai dengan perkembangan teknologi kekinian, yakni berupa pelatihan implementasi pengetahuan komputer desain dan meracang produk kriya. Kegiatan ini dilakukan sebagai solusi dari salah satu masalah yang dihadapi oleh Yayasan Bunga Bali dalam membina para disabilitas, yakni masalah terkait teori merancang produk kriya dan komputer desain. Kompetensi para penyandang disabilitas dalam menggunakan komputer desain masih kurang. Selama ini mereka hanya membuat desain dengan mencontoh desain yang sudah ada dan menggambar secara manual dengan tangan. Metode pelatihan yang digunakan adalah: ceramah, demontrasi, dan partisipasi. Pelatihan tersebut menghasilkan peningkatan yang signifikan. Pada awalnya mereka hanya mengetahui komputer, namun belum bisa mengoperasikan komputer desain. Hal ini dapat diketahui dari nilai rerata hasil pre-test, yakni sebesar 6,3 termasuk predikat cukup. Setelah pelatihan mereka dapat mengtahui teori merancang dan dapat menghasilkan beberapa gambar AutoCAD dan CorelDraw. Simpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberi dampak positif bagi para disabilitas dan dapat dijadikan sebagai salah satu bekal pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat.References
Ariana, I G N Putu (2000) AutoCAD Migration assistance, Basic Computer College, Denpasar: Percetakan Plawa
Armai, Arief (2002). Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Atmajayani, Risma Dwi. (2018) Implementasi Penggunaan Program AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar Teknik Bagi Masyarakat, BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 3 Nomor 2, Mei 2018. Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Diunduh dari: https://jurnal.unublitar.ac. id/index.php/briliant/article/view/174/pdf
Laoly, Yasonna H. (2016) Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 8 tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. JDIH BPK RI Database, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Diunduh dari: https: //referensi.elsam.or.id/2019/01/uu-nomor-8-tahun-2016-tentang-penyandang-disabilitas/tanggal10 September 2020
Makmur, Erlin (2016) Analisis Penilaian Hasil Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMP Diunduh dari: https://slideplayer. info/ slide/12351844
Muhtaj, Majda El (2005) Hak Asasi Manusia Dalam Konstitusi Indonesia dari UUD 1945 Sampai Dengan Perubahan UUD 1945 Tahun 2002. (ed.2) Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Pastika (2015) Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Diunduh dari: https://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan-perundang-undangan/perda/ 23386
Ratna, Kutha (2010) Metode Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyad, Ulul. 2015 Rahasia Dibalik Kekuatan Dahsyat Tridaya. Diunduh dari: http:// www.akarasa.com/2015/10/rahasia-dibalik-kekuatan-tridaya-cipta.html. tanggal 9 September 2020
Sanjaya, Wina (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana S. 2005. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif Pendidikan Nonformal. Bandung: Falah Production
Suharmawan (2020) Modul Materi CorelDraw X7. Diunduh dari:http:/www.academia/ 9294185/MODUL_MATER.Wikipedia bahasa Indonesia, Februari 2020
Syamsudin, Amir (2011) Peraturan Konvensi Pengesahan Tentang Hak Penyandang Disabilitas (Konvensi Mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas), Republik Indonesia. Jakarta: JDIH BPK RI Database, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Diunduh dari: https://peraturan. bpk.go.id/home/details/ 39255. tanggal 9 September 2020
Yanuarmi, Dini. dkk (2019) Kreatifitas Melalui Batik Cap Dari Karton Bekas Pada Siswa Disabilitas. Jurnal Batoboh, Vol 4 , No 2, Oktober 2019. Diunduh dari: https:// journal.isi.padangpanjang.ac.id/index.php/BatobohDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.