Edukasi Cegah Covid-19 Kebiasaan Baru Pusat Perbelanjaan Mall Kota Bengkulu

Authors

  • Agung Giri Samudra Universitas Bengkulu
  • Nurfijrin Ramadhani Universitas Bengkulu
  • Wahyu Alamsyah Universitas Bengkulu
  • Ulvi Ditasari Universitas Bengkulu
  • Tiara Feni Lestari Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9460

Keywords:

Edukasi, Adaptasi, Covid, Mall

Abstract

Pendahuluan: Percepatan strategi komunikasi risiko yang komprehensif akan memberikan keselarasan dan memperkuat program pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Khusus di Kota Bengkulu kegiatan perbelanjaan seperti Mall, pasar tradisonal terlihat telah beraktivitas normal dengan masih kurangnya kesadaran masyarakat protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Pengabdian dilakukan oleh Dosen  dan Mahasiswa S1 Farmasi Universitas Bengkulu untuk menyampaikan edukasi  di tengah masyarakat dalam area pusat pembelanjaan Mall Bengkulu diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai info dasar Covid-19 serta mengidentifikasi perilaku lama dan membujuk masyarakat untuk berubah ke perilaku baru yang menyehatkan. Metode: Kegiatan TalkShow Edukasi penyampaian informasi dilakukan secara langsung interaktif kepada pengelola mall, pedagang dan pekerja, serta pengunjung. Selanjutnya, penyebran flyer dilakukan sebanyak 2 kali pada saat sebelum berlangsungnya talkshow dan setelah acara talkshow dilaksanakan. Flyer ini dibagikan untuk dijadikan acuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih memahami materi talkshow yang telah disampaikan dalam kegiatan tersebut. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan Kebiasaan Baru Pusat Perbelanjaan Mall Kota Bengkulu. Evaluasi kegiatan juga dilakukan 51,5% berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat, 47,5% berpendapat bahwa materi sangat mudah dimengerti; 47,5% berpendapat bahwa kegiatan ini sangat memberikan informasi; dan 53,1% berpendapat sangat menimbulkan rasa untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru. Kesimpulan: Kegitan dapat diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun dan meningkatnya pemahaman serta kesadaran masyarkat untuk melakukan pola Kebiasaan Baru Pusat Perbelanjaan Mall Kota Bengkulu.

References

Astuti, S. F., Nursyabania, L., Falih, M. J., Attamini, S. R., Rafli, M., & Musta’ina, S. (2020). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Rt 5/Rw 11, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 448-455.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2020, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) dalam Pencegahan Covid-19, Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Prasetyo, S. D., & Suherlan, Y. (2020). KKN UNS Era Covid-19 di Rt 03 Rw 07 Desa Panjer Kecamatan Kebumen. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat| Vol, 1(1)

Rezagama, A., Ramadhan, B. S., Budihardjo, M. A., Ramadhani, N. S., & Sukmaputra, J. A. (2020, December). Adaptasi Kebiasaan Baru Desa Wisata Thekelan dalam Menghadapi Covid-19. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).

Satria, B. A., Hasanah, N. H., & Rudiansyah, R. (2019). Penyuluhan Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Desa Tangguh COVID-19. JURNAL ANOA, 1(3), 107-122.

Zulaikha, L. I., Qomariyah, K., & A'yun, Q. (2020, November). PENGABDIAN MASYARAKAT SOSIALISASI ADAPTASI KEBIASAAN BARU MASYARAKAT MENGHADAPI ERA NEW NORMAL DI KABUPATEN PAMEKASAN. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, No. 1, pp. 178-182).

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Samudra, A. G., Ramadhani, N., Alamsyah, W., Ditasari, U., & Lestari, T. F. (2023). Edukasi Cegah Covid-19 Kebiasaan Baru Pusat Perbelanjaan Mall Kota Bengkulu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 137–141. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9460

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.