Pelatihan Keterampilan Proses Sains Menggunakan E-Petunjuk Praktikum Uji Cemaran Bakteri Air Minum
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.13401Keywords:
Pelatihan, Keteramilan Proses Sains, E-Petunjuk PraktikumAbstract
Keterampilan proses sains merupakan kegiatan mengaktifkan keterampilan proses dan berpikir secara ilmiah, dengan adanya pandemi covid-19 sehingga membuat terkendala dalam keterampilan tersebut, sehingga dalam pengabdian ini yaitu dengan mengadakan pelatihan kepada peserta didik dengan menggunakan e-Petunjuk Praktikum Uji Cemaran Bakteri untuk air minum yang mana sebelumnya sudah dikembangkan oleh tim pengabdian pada masyarakat kemudian menerapkannya kepada para guru dan peserta didik sebagai pelatihan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu pengembangan produk, seminar dan pelatihan untuk menerapkan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil pengabdian berikut menghasilkan produk yang sudah tervalidasi ahli kemudian melakukan sosialisasi kepada peserta didik dan guru, selanjutnya melakukan pelatihan berupa praktikum uji cemaran air minum. Hasil pengabdian merupakan hasil penelitian terapan yang diterapkan di sekolah sebagai pengabdian ke lapang hasil dari penelitian, disimpulkan keseluruhan hasil pengabdian kepada masyarakat dengan kategori tinggi.
References
Adrianto, R. (2018). Pemantauan Jumlah Bakteri Coliform Di Perairan Sungai Provinsi Lampung. Majalah Teknologi Agro Industri (TEGI), 10(1), 1–6.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Alpha Math Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.
Dimyati., dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniawati, A. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 pada Pembelajaran Kimia dengan Model Learning Cycle 5E. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). https://eprints.uny.ac.id/30145/
Meishanti, Y.P.O., dan Baroroh, I. 2019. Strategi Belajar Mengajar Berorientasi K-13. Jombang: Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah.
Meishanti, O., P., Y. dkk. 2023. Ipteks bagi Green Entrepreneurshipmelalui Edu Eco-frienzym di MA Bahrul Ulum Jombang. PENDIDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4, No. 3, Desember 2023 Hal. 115 -122 e-ISSN:2774-7921. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4143/1781
Panjaitan & Wahyuni. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11-21.
Permendikdud No. 36 Tahun 2018. Perbuhan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Jakarta.
Putra., I. A., Luyunah., L., Meishanti., O., P., Y. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentangBakteri Escherichia coli. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi. JBE 6(3) (2021)270-280. https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBE/article/view/1186/829
Safitri, L. F., Widyorini, N., & Jati, E. (2018). Analisis Kelimpahan Total Bakteri Coliform Di Perairan Muara Sungai Sayung, Morosari, Demak. Saintek Perikanan (Indonesian Journal of Fishers Science and Technology), 14(1), 30–35
Sartika, I.A., Koesma, E.R., Abidin, Z. 2015. Pengaruh Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Menurunkan Tingkat Depresi pada Pasien Gagal Ginjal Kronik. Jurnal Universitas Padjajaran. (Online). http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/SYARAT-SIDANG-ADE-INSANI-SARTIKA.pdf
Susilawati., Sridana, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, Vol 8, No 1, (Online). http://biota.ca.id/index.php/jb/article/download/56/39
Sutiknowati, L. I. (2018). Keragaman Bakteri pada Perairan Sabang , Provinsi Aceh. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera: A Scientific Journal, 35(2), 54–62. https://doi.org/10.20884/1.mib.2018.35.2.523
Uzer, O. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wina, S. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.