Perancangan Ulang Website Sekolah untuk Meningkatkan Faktor Learnability dan Memorability

Shella Adelia Santosa, Tan Amelia, Ayouvi Poerna Wardhanie

Abstract


Dalam dunia pendidikan saat ini, website sekolah merupakan suatu alat yang sangat penting dalam memberikan segala informasi kepada masyarakat seperti profil sekolah, prestasi, kegiatan akademik, alumni dan sebagainya. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas berbasis Islam Al Irsyad yang berada di Surabaya, dimana telah memiliki website namun belum maksimal dalam penggunaannya sehari-hari karena jumlah pengunjung masih sedikit, tampilan dan fungsi-fungsi fitur dalam website kurang dapat dipahami pengguna. Berdasarkan hasil pengujian usability testing terlihat bahwa dua indikator yakni learnability dan memorability memiliki nilai yang rendah. Oleh sebab itu, tujuan studi ini adalah perancangan ulang desain website sekolah agar mudah diingat dan digunakan pengguna. Metode yang digunakan adalah User Centered Design karena selalu mengikutsertakan penggunanya dalam proses perancangan. Hasil penelitian menunjukkan total rata-rata keseluruhan indikator usability  adalah 3.37, hal ini menunjukkan bahwa redesign website sekolah yang diuji berada pada rentang sangat baik, untuk indikator learnability dan memorability sendiri terjadi peningkatan yang signifikan. Kontribusi utama penelitian ini adalah penggunaan usability testing menjadi langkah awal evaluasi kegunaan website untuk meningkatkan antarmuka pengguna.


Keywords


Perancangan Ulang; Website; Learnability; Memorability

References


Akbar, G., & Tjendrowaseno, T. I. (2015). Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi Dan Promosi. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 4(1), 37–41.

Alifia, T. M., Aji, N. P., Arsyad, A. A., & Maghfiroh, L. R. (2021). Perbaikan User Interface Menggunakan Usability Testing dan Pendekatan Human-Centered Design. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 926–934. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.760

Ependi, U., Putra, A., & Panjaitan, F. (2019). Evaluasi Tingkat Kebergunaan Aplikasi Administrasi Penduduk Menggunakan Teknik System Usability Scale. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.26594/register.v5i1.1412

Ghaniy, R., & Aisyi, M. (2019). Mengukur tingkat kebergunaan website dengan menggunakan metode usability. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 9(2), 21–31. https://doi.org/10.36350/jbs.v9i2.59

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan ( Usability ) Sistem Informasi Keuangan. Juisi, 02(01), 49–55.

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109. https://doi.org/10.31332/str.v24i1.939

Li, X., Bainbridge, W. A., & Bakkour, A. (2022). Item memorability has no influence on value-based decisions. Scientific Reports, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.1038/s41598-022-26333-5

Macharia, R. W., Kamau, J. W., & Gikandi, J. (2023). User Interface Technical Usability Requirements for Mobile Learning Applications. African Journal of …, 7(10). Retrieved from https://focusjournals.org/AJCIS/article/view/3%0Ahttps://focusjournals.org/AJCIS/article/download/3/17

Munaiseche, C. P. C., & Liando, O. E. S. (2016). Evaluation of Expert System Application Based on Usability Aspects. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 128(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/128/1/012001

Munir, S., & Nugroho, M. W. (2022). ANALISIS DAN EVALUASI DESAIN WEB PROFIL SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN NIELSEN USABILITY MODEL. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 47–61. Retrieved from https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT

Naufal, H., & Persada, A. G. (2020). Desain Interaksi Berbasis User Experience pada Mobile Application : Suatu Tinjauan Literatur. Automata, 1(2), 45–49.

Richard, B. (2023). Website Usability Testing: All You Need to Know. Retrieved from https://www.hostinger.com/tutorials/website-usability-testing

Saputri, I. S. Y., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278

Sukmasetya, P., Setiawan, A., & Arumi, E. R. (2020). Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 58–67. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i1.24691

Supardianto, S., & Tampubolon, A. B. (2020). Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TI Berbasis Web di Bid TIK Kepolisian Daerah Kepulauan Riau. Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.2108

Ukkas, M. I. (2017). Implementasi skala likert pada metode perbandingan eksponensial untuk menentukan pilihan asuransi. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), 101. Retrieved from http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1751/IMPLEMENTASI-SKALA-LIKERT-PADA-METODE-PERBANDINGAN-EKSPONENSIAL-UNTUK-MENENTUKAN-PILIHAN-ASURANSI


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v8i1.18916

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750