Optimasi Desain Paddock Stand Sebagai Sistem Statis Dengan Menggunakan Finite Element Method
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrst.v5i1.6023Keywords:
Elemen hingga, stress, strain, MEH, fnite elementAbstract
Finite Element Method (FEM) merupakan suatu metode numerik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalah struktur yang complex dengan bantuan komputer. Banyak sekali kasus complex yang telah terselesaikan dengan metode ini. Metode finite element bahkan dapat digunakan untuk melakukan optimasi desain struktur, baik untuk permasalahan rekalkulasi dimensi maupun untuk pemilihan bentuk dari struktur. Dalam penelitian ini dilakukan optimasi dimensi dari krangka paddock stand serta diberikan juga beberapa variasi bentuk pada desain bentuk paddock stand. Adapun variasi bentuk yang diberikan adalah dengan mencoba untuk memberikan penyangga (RIB). Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa diameter optimal dari pipa paddock stand adalah sebesar 13 mm. adapun lendutan terbesar yang diperoleh pada kondisi optimal adalah sebesar4 mm, dengan nilai tegangan maksimal yang diperoleh sebesar 136,9 MPa
References
aaron d. deutschman. (1979). Machine Design. https://doi.org/10.11646/zootaxa.4033.1.2
Anggono, W., Sanjaya, A., Suprianto, F. D., Wijaya, T. P., Teknik, J., Universitas, M., & Petra, K. (2014). OPTIMASI JUMLAH COMPARTMENT TANGKI TRUK BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT APPLICATION. Seminar Nasional Teknik Mesin 9, 43–46. surabaya: Petra University.
Arief, T. M. (2014). Analisis Kekuatan Struktur Pallet Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol.7, No.1, April 2014: 1-118, 7(1), 63–72.
Covill, D., Begg, S., Elton, E., Milne, M., Morris, R., & Katz, T. (2014). Parametric finite element analysis of bicycle frame geometries. Procedia Engineering, 72, 441–446. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.06.077
Fahd Riyal Pris, Budhi M Suyitno, & Amin Suhadi. (2019). Analisis Kekuatan Velg Aluminium Alloy 17 Inc Dari Berbagai Desain Menggunakan Metode Finite Element Analysis (Fea). Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 9(2), 33–39. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v9i2.558
Metode, M., & Hingga, E. (2011). 50 ANALISA TEGANGAN-REGANGAN PRODUK TONGKAT LANSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Santoso Mulyadi 1. 4, 50–58.
Nugroho, S. A. (2018). Komparasi R25 dengan Ninja 250 dan CBR250RR. Retrieved from https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/12/104034715/komparasi-r25-dengan-ninja-250-dan-cbr250rr?page=all#page1
Ren, Y., Yu, Y., Zhao, B., Fan, C., & Li, H. (2017). Finite Element Analysis and Optimal Design for the Frame of SX360 Dump Trucks. Procedia Engineering, 174, 638–647. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.201
Wandono, F. A. (2017). Permodelan Metode Elemen Hingga UNTUK Menentukan Tegangan Von Mises Pada As Roda Lsu-05. Seminar Nasional Iptek Penerbangan Dan Antariksa XXI, 222–231.
Wandono, F. A., & Syah, A. H. N. (2017). Prediksi Kekuatan Struktur Alat Uji Getaran Engine Lsu Series Menggunakan Metode Elemen Hingga (Strength Prediction of the Engine Vibration Test Stand of Lsu Series Using Finite Element Method). Jurnal Teknologi Dirgantara, 15(1), 71. https://doi.org/10.30536/j.jtd.2017.v15.a2505
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Susastro Susastro, Alaya Fadlu Hadi Muhammad, Aini Lostari, Yoga Ahdiat Fakhrudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.