Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta

Authors

  • Farkhan Hariyadi Berbudi Bowoleksono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Mustika Kusumawardani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • M. Yoka Fathoni Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrst.v6i1.9916

Keywords:

Sistem Informasi, Evaluasi Sistem Informasi, Aplikasi PakBudi, Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan lembaga penyelenggara pendidikan di tingkat tinggi yang memiliki beberapa fungsi dan bermacam-macam jurusan. Calon mahasiswa baru harus tepat dalam memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minat bakat agar tidak mengalami kesulitan. Kesulitan dalam memilih jurusan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain asal jurusan di sekolah sebelumnya, minat bakat, nilai rapot dan ujian serta adanya paksaan dari orang tua. Bagian Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta telah mengantisipasi permasalahan kesulitan memilih jurusan dengan mengarahkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti tes minat bakat melalui aplikasi PakBudi. Selama aplikasi dibuat dan digunakan, belum dilakukan pengukuran fungsi aplikasi terhadap harapan pengguna. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja aplikasi PakBudi terhadap minat pendaftaran calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Swasta. Metode yang digunakan dalam mengevaluasi kinerja aplikasi PakBudi adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS memiliki 5 (lima) dimensi indikator, diantaranya Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Kelebihan dari metode EUCS yaitu lebih menekankan kepada tingkat kepuasan (satisfaction) pengguna dengan melakukan evaluasi pada sistem meliputi isi, keakuratan, tampilan atau format, kemudahan pengguna dan ketepatan waktu. Hasil penelitian yaitu aplikasi PakBudi memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna dan memiliki kemudahan dalam penggunaan dengan hasil sebesar 85%.

References

BAB II Landasan Teori. (n.d.). Retrieved January 12, 2021, from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9036/Bab 2.pdf?sequence=9&isAllowed=y

Bab III Metode Penelitian. (n.d.). Retrieved May 27, 2020, from http://eprints.ums.ac.id/38670/11/BAB 3.pdf

Cucus, A. (2019). Testing User Satisfaction Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method in Hospital Management Information System (SIMRS) (Case Study at the Regional Public Hospital dr. A. Dadi Tjokrodipo). Journal of Information Engineering and Applications, 9(5), 54–62. https://doi.org/10.7176/jiea/9-5-06

Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) DENGAN METODE EUCS ( Studi Kasus : Perpustakaan UIN SUSKA Riau ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Infor, 2(1), 1–5.

Domínguez-Escrig, E., Broch, F. F. M., Lapiedra, R., & Chiva, R. (2018). Promoting radical innovation through end-user computing satisfaction. Industrial Management and Data Systems, 118(8), 1629–1646. https://doi.org/10.1108/IMDS-06-2017-0256

Durmusoglu, S. S., & Kawakami, T. (2021). Information technology tool use frequency in new product development : The effect of stage-specific use frequency on performance. 93(December 2020), 250–258. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0019850121000225

Eslami, A., Scheepers, H., Rajendran, D., & Sohal, A. (2017). Health information systems evaluation frameworks : A systematic review. International Journal of Medical Informatics, 97, 195–209. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2016.10.008

Hariyadi, F. (2020). Surat Pernyataan Narasumber 01_Page_4.pdf (p. 1).

Hootsuite, W. are social. (2020). Digital 2020 Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan Yang Disampaikan Siswa Kepada Guru Bk/Konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45. https://doi.org/10.29210/12017271

Li, J., Wang, X., & Wu, Y. (2020). Can government improve tax compliance by adopting advanced information technology ? Evidence from the Golden Tax Project III in China ☆. Economic Modelling, 93(August), 384–397. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2020.08.009

Maulana, Y. I., & Salim, A. (2021). Evaluasi Penggunaan Supporting Applications For Quick Data Search ( SuApQuDaS ) Dengan Metode PIECES Framework. 15(1), 13–18. https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/512/282

Medical, M. (2020). mMIS EVALUATION. In Perspectives in the Development of Mobile Medical Information Systems. (pp. 239–240). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-817657-3.00014-6

Niantyasari, A. (2018). Evaluasi sistem informasi manajemen di bagian rawat jalan rumah sakit umum daerah dr. moewardi surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pakbudi. (n.d.). Rapor PakBudi. Retrieved February 11, 2021, from https://pakbudi.id/home

PakBudi. (n.d.). Dashboard. Retrieved February 11, 2021, from https://bk.pakbudi.id/home

Putra, D. S. H., & Kurniawati, R. (2019). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) di Rumah Sakit X. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 31–36.

Ramadhan, M. R., Nugroho, L. E., & Sulistyo, S. (2012). Evaluasi Sistem Informasi Monitoring Skripsi Menggunakan Prinsip Usability. Prosiding SNST Ke-8 Tahun 2017, 92–97.

Sekaran, U. (2003). RESEARCH METHODS FOR BUSINESS : A SKILL-BUILDING APPROACH. In Journal of Chemical Information and Modeling (4th ed., Vol. 53, Issue 9). Hermitage Publishing Services and Printed.

Setiawan, P. (2020). Pengertian Teknologi Imformasi – Maafaat, Dasar, Konsep, Pengelompokan, Para Ahli. GURUPENDIDIKAN.COM. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-teknologi-informasi/

Utama, F. (2020). Survei: 87 Persen Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. INews.Id. https://www.inews.id/amp/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan

Downloads

Additional Files

Published

2022-11-11

How to Cite

Bowoleksono, F. H. B., Kusumawardani, D. M., & Fathoni, M. Y. (2022). Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(1), 13–22. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i1.9916

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.