Sistem Inferensi Fuzzy untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil belajar mahasiswa/ pelajar terhadap bidang yang ditekuninya. Prestasi belajar yang dicapai bisa baik atau buruk tergantung dari faktor yang mempengaruhinya, diantaranya faktor motivasi belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Tsukamoto. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari angket motivasi belajar dan lingkungan belajar yang telah diisi oleh mahasiswa serta prestasi belajar yang diperoleh melalui metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, jika skor motivasi belajar 3,2 (rendah) dan skor lingkungan belajar 2 (mendukung) maka output untuk prestasi belajar diprediksi 3,23 yang artinya prestasi belajar yang dicapai kurang baik sebesar 34% cenderung menuju prestasi belajar baik sebesar 66%
Keywords
sistem inferensi fuzzy;Tsukamoto; motivasi belajar; lingkungan belajar; prestasi belajar
DOI: 10.30595/juita.v3i1.847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2579-8901
- Visitor Stats
View JUITA Stats
About The Authors
Article Tools
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
![](https://jurnalnasional.ump.ac.id/plugins/blocks/readingTools/icons/emailArticle.png)
![](https://jurnalnasional.ump.ac.id/plugins/blocks/readingTools/icons/emailArticle.png)
Keywords
Android
Aplikasi
Augmented Reality
Bi-clustering
CNN
Clustering
Expert System
Forward Chaining
Fuzzy Quantification Theory I
Liu and Wang index
Mamdani
Rekayasa Perangkat Lunak
SMS Gateway
Tsukamoto
Web Service
backward chaining
decision support system
expert system
interest in learning
learning motivation
motivasi belajar