Sistem Inferensi Fuzzy untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30595/juita.v3i1.847Keywords:
sistem inferensi fuzzy, Tsukamoto, motivasi belajar, lingkungan belajar, prestasi belajarAbstract
Prestasi belajar adalah hasil belajar mahasiswa/ pelajar terhadap bidang yang ditekuninya. Prestasi belajar yang dicapai bisa baik atau buruk tergantung dari faktor yang mempengaruhinya, diantaranya faktor motivasi belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Tsukamoto. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari angket motivasi belajar dan lingkungan belajar yang telah diisi oleh mahasiswa serta prestasi belajar yang diperoleh melalui metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, jika skor motivasi belajar 3,2 (rendah) dan skor lingkungan belajar 2 (mendukung) maka output untuk prestasi belajar diprediksi 3,23 yang artinya prestasi belajar yang dicapai kurang baik sebesar 34% cenderung menuju prestasi belajar baik sebesar 66%Downloads
How to Cite
Rahmadi, M. A., & Mustafidah, H. (2016). Sistem Inferensi Fuzzy untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JUITA: Jurnal Informatika, 3(1). https://doi.org/10.30595/juita.v3i1.847
Issue
Section
Articles
License

JUITA: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.