Sistem Inferensi Fuzzy untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Martono Akbar Rahmadi
  • Hindayati Mustafidah

DOI:

https://doi.org/10.30595/juita.v3i1.847

Keywords:

sistem inferensi fuzzy, Tsukamoto, motivasi belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil belajar mahasiswa/ pelajar terhadap bidang yang ditekuninya. Prestasi belajar yang dicapai bisa baik atau buruk tergantung dari faktor yang mempengaruhinya, diantaranya  faktor motivasi belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Tsukamoto. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari angket motivasi belajar dan lingkungan belajar yang telah diisi oleh mahasiswa serta prestasi belajar yang diperoleh melalui metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, jika skor motivasi belajar 3,2 (rendah) dan skor lingkungan belajar 2 (mendukung) maka output untuk prestasi belajar diprediksi 3,23 yang artinya prestasi belajar yang dicapai kurang baik sebesar 34% cenderung menuju prestasi belajar baik sebesar 66%

Downloads

How to Cite

Rahmadi, M. A., & Mustafidah, H. (2016). Sistem Inferensi Fuzzy untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JUITA: Jurnal Informatika, 3(1). https://doi.org/10.30595/juita.v3i1.847

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >> 

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.