PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.30595/pharmacy.v6i3.430Abstract
Perilaku penggunaan obat oleh pasien, sangat dipengaruhi oleh informasi yang diterima pasien mengenai obat-obat yang digunakannya. Oleh karena itu kualitas informasi yang mengiringi penggunaan suatu obat sama pentingnya dengan kualitas obat itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pasien peserta Jamkesmas rawat inap di RSU Banyumas merasa puas terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan model pendekatan secara observasional. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survey yaitu dengan penyebaran kuisioner kepada 88 reponden dengan cara mengambil seluruh populasi peserta jamkesmas rawat inap dibangsal penyakit dalam RSU Banyumas pada tanggal 1 April sampai dengan 20 Mei 2009. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap di RSU Banyumas dengan nilai korelasi sebesar 0,308. Hal ini berarti semakin positif kualitas pelayanan informasi obat, maka akan diiringi dengan meningkatnya kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap. Kata kunci : Kualitas pelayanan informasi obat, kepuasan pasien peserta jamkesmas rawat inap, RSU Banyumas.References
Andayani. T. M. 2004. Manajemen Farmasi Rumah Sakit, Edisi 9. Yogyakarta: Gadjah Mada Pharmacy Study Club
Anogoro, P. TM. 1990. Psikologi Dalam Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta
Anonim. 1992. Kesehatan, UU RI No. 23, Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI
Anonim. 2004. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI
Anonim. 2007. Pengolahan Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi offset
Anonim. 2008. Profil Rumah Sakit Umum (RSU) Banyumas. Banyumas
Ikawati. 1994. Pengobatan Rasional, majalah Farsigama. Yogyakarta: BEM Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada
Jogiyanto. 1990. Analisis dan desain system informasi. Yogyakarta: Andi offset
Martha, Hadi Anshary. 2005. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat Di Apotek-Apotek Di Kotamadya Padang [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada
Nawawi, H. 2006. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Riwidikdo, Handoko. 2008. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
Sari, Endah Puspita. 2007. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas I, II, III Terhadap Pelayanan Obat Dibangsal Penyakit Dalam Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Kabupaten Magelang [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada
Siregar, Charles. J.P. 2003. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Terapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Sugiyono, S. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiarto, Siagian, D., Sunaryanto, L. T., Oetomo, D.S. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Supranto, J., 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran Edisi II Cetakan 3. Yogyakarta: Andi offset
Umar, Husein. 2002. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Yulina Vita, Kristy. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Konsumen Peserta Askes Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Purbalingga [Skripsi]. Purwokerto: Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).